Fakultas Pertanian

URL: http://unhas.ac.id/pertanian

Telp. : (0411) 586200

Ext.2161,2165

        Didirikan tahun

1960

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Fakultas Pertanian didirikan bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan  Republik Indonesia ke 17, pada tanggal 17 Agustus 1962 sebagai fakultas ke tujuh di Universitas Hasanuddin, diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Prof. Dr. Ir. Toyib Hadiwijaya. Pada tahun pertama menerima mahasiswa 75 orang untuk Jurusan Teknik Pertanian dan tahun akademik 1963 membuka Jurusan Kehutanan.  Pada tahun ajaran 1964-1965 Fakultas Pertanian dibenahi  menjadi tiga jurusan, yaitu Teknik Pertanian, Perusahaan Pertanian, Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan. Penyelesaian studi mahasiswa angkatan pertama dilakukan melalui proses  afiliasi  ke Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor  (1967-1972). Melalui afiliasi maka Fakultas Pertanian menghasilkan sarjana pertama yaitu Engelbert O.M pada tahun 1969.  Selanjutnya Jurusan Perikanan dibuka pada tahun akademik 1969.  Pada periode 1972-1983 Fakultas Pertanian mengalami perubahan nama menjadi fakultas ilmu-ilmu pertanian meliputi pertanian, kehutanan, peternakan dan perikanan. Selanjutnya pada tahun 1983-1987 Fakultas Pertanian  berubah  Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Fakultas Pertanian Unhas yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 1962 sampai sekarang telah mengalami beberapa kali penggantian nama fakultas dan perubahan struktur organisasi. Pada tahun 1977 struktur organisasi Universitas Hasanuddin mengalami perubahan dari bentuk struktur piramida menjadi struktur organisasi matriks. Unhas melaksanakan penyedehanaan jumlah dan jenis fakultas, sehingga Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan digabung menjadi satu fakultas dengan nama Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian.

Era baru perkembangan Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unhas dimulai sejak berlakunya PP No. 5 Tahun 1980 tentang Pokok-Pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri, Keppres No. 68 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas Hasanuddin. Pemerintah  mengeluarkan Kepmendikbud RI No. 0154/O/1983 sebagai penjabaran dari PP No.5 Tahun 1980, tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Hasanuddin. Kepmen tersebut mengatur perubahan nama Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian  menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan. Jurusan dan program studi juga turut mengalami perubahan sesuai Kepmen Depdikbud RI No.  0563/O/1980 dan Keputusan Dirjen Dikti No. 108/ DIKTI/Kep/1984. Pada tahun 1993, sesuai perkembangannya, Fakultas Pertanian mengalami perubahan nama menjadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan berdasarkan Kepmen Depdikbud RI No. 0134/O/93 tanggal 27 Februari 1993.


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Fasilitas pembelajaran di Fakultas Pertanian dianggap masih sangat minim, dibanding dengan jumlah mahasiswa yang saat ini kurang lebih 2.000 orang. Fakultas Pertanian memiliki 15 ruang kuliah full AC (kapasitas bervariasi antara 50-150 orang) termasuk 1 lecture theatre yang dikelola langsung oleh fakultas, dan beberapa yang digunakan bersama dengan fakultas lain. Setiap ruangan memiliki Slide Projector, yang dapat digunakan setiap saat. Fakultas juga memiliki 30 laboratorium, 1 unit teaching industry, 4 unit rumah kaca (kondisi rusak) (lihat Gambar 1), 1 unit galery tanaman. Selain itu, juga terdapat kebun percobaan (experimental farm), yakni di bagian utara (belakang kampus Tamalanrea) seluas 10,24 ha, dan di MoncongloE seluas 15 ha. Saat ini juga terdapat kebun milik Fakultas Pertanian di Kabupaten Bulukumba, meskipun belum dikelola secara optimal.

Departemen

S1

S2

S3

 

 

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: http://www.unhas.ac.id/pertanian

 

Fakultas Isipol

URL: unhas.ac.id/fisip

Telp. : (0411) 585 024

Ext.2718

        Didirikan tahun

1961

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebelum resmi berdiri sebagai salah satu fakultas Universitas Hasanuddin (UNHAS), awalnya merupakan perguruan tinggi swasta yang bernama Fakultas Tata Praja Universitas 17 Agustustur 1945, yang didirikan oleh Mr. Tjia Kok Tjiang (Alm.) di Ujung Pandang. Dalam perkembangannya, Fakultas Tata Praja tersebut oleh para pendirinya berusaha dilebur ke dalam Fakultas Ekonomi Unhas dan direncanakan menjadi salah satu jurusan yang dibuka pada tahun kuliah 1959 – 1960. Namun disebabkan berbagai kesulitan teknis yang dihadapi sehingga realisasinya tidak dapat dilaksanakan. Sebagai tindak lanjut rencana tersebut diupayakan lagi pelaksanaannya agar fakultas ini dimasukkan ke dalam lingkungan UNHAS sebagai fakultas yang berdiri sendiri sesuai keinginan semula dari pelopor pendirinya.

Dalam rencana penegeriannya itu, semula diharapkan agar dapat terealisasi pada tanggal 10 September 1960 bertepatan dengan perayaan Dies Natalis IV UNHAS pada waktu yang mana direncanakan pula peresmian berdirinya Fakultas Sastra dan Filsafat serta Teknik. Namun karena adanya berbagai kesulitan teknis kembali yang dihadapi, maka rencana tersebut barulah terlaksana melalui SK Menteri P.P & K dengan Surat Keputusan tertanggal 30 Januari 1961 No. : A.4692/U.U.41961, terhitung mulai tanggal 1 Februari 1961.


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai penunjang proses pembelajaran menyediakan sarana dan prasarana yang nyaman untuk mahasiswanya. Ruang perkuliahan yang luas dan bertekhnologi dan taman yang dilengkapi dengan tempat duduk dan area bebas wifi yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengakses internet. FISIP juga menyediakan laboratorium, seperti Laboratorium Audio Visual Ilmu Komunikasi. Ada juga Ruang Baca yang disediakan sebagai sarana akademik yang bertujuan membantu kelancaran proses belajar mengajar dan penelitian baik bagi mahasiswa maupun bagi staf pengajar dan peneliti. Saat ini telah ada sejumlah 1560 judul buku dan sekira 15.000 judul penelitian dari skripsi, tesis, maupun disertasi. 

 

 

 

Departemen

S1

pdf download 

URL: unhas.ac.id/fisip

 

Fakultas Ilmu Budaya Dasar

URL: unhas.ac.id/sastra

Telp. : (0411) 587223

590159

        Didirikan tahun

11 Desember 1960

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Mendahului SK Menteri  P dan K tanggal 3 Desember 1960 No. 102248/UU/1960 perihal Pembentukan Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin, telah terjadi “peleburan” beberapa unit Program Kursus B.1 dari Yayasan Perguruan Tinggi Makassar ke Universitas Hasanuddin. Yayasan yang diketuai oleh Syamsuddin Dg Mangawing beranggotakan antara lain Prof. G.J. Wolhoff ini adalah pecahan Universitas Sawerigading yang dipimpin oleh Nuruddin Sahadat. Peristiwa “peleburan” Program Kursus B.1 Paedagogik, Sastra Timur dan Sastra Barat ke UNHAS pada tanggal 2 Nopember 1959 tersebut menjadi cikal bakal Fakultas Sastra yang secara resmi terbentuk sesuai SK menteri PP dan K tanggal 3 Nopember 1960.

Selanjutnya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dibuka pada tanggal 11 Desember 1960 dengan nama Fakultas Sastra dan Filsafat. Dalam perkembangannya kemudian berubah menjadi Fakultas Sastra berdasarkan SK Menteri Pendidikan PP dan K Nomor: 102248/UU/1960. Fakultas Sastra menjadi fakultas kelima dalam lingkup pendidikan Universitas Hasanuddin setelah Fakultas Ekonomi (1950), Fakultas Hukum (1952), Fakultas Kedokteran (1956), dan Fakultas Teknik (1960).

Fakultas Ilmu Budaya dalam mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi merefleksikan diri ke dalam 3 fokus kajian, yakni studi bahasa, sastra, dan budaya. Fakultas Sastra mengintegrasikan ketiga studi ini ke dalam 8 Jurusan, yakni Jurusan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Barat Roman (Perancis), Sastra Asia Barat (Arab), Sastra Daerah, Ilmu Sejarah, Ilmu Arkeologi, dan Sastra Jepang.

Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin  terletak di bagian Timur Unhas, gerbangnya terletak di antara Fakultas Hukum dan Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin.  Kantor Dekanat Fakultas Ilmu Budaya terdiri atas dua lantai, lantai pertama sebagai ruang dekan dan wakilnya, lantai dua merupakan ruang administrasi akademik fakultas.

Ruang kuliah Fakultas Ilmu Budaya terdiri atas tiga lantai, lantai satu dan dua merupakan ruang kuliah bagi mahasiswa program sarjana, dan lantai tiga menjadi ruang kuliah untuk program pascasarjana. Fasilitas lainnya antara lain perpustakaan, kantin, ruang arsip, dan masing-masing jurusan memiliki laboratorium bahasa yang berAC.

 

 

 

 

Departemen

S1

S2
Fakultas Ilmu Budaya
 
S3
 
 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: unhas.ac.id/sastra

Fakultas Kedokteran

 

 

Fakultas Ekonomi & Bisnis

URL: unhas.ac.id/fekon/

Telp. : (0411) 587218

583851

        Didirikan tahun

1975

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Fakultas Ekonomi universitas Hasanuddin merupakan fakultas Ekonomi tertua di Indonesia yang didirikan pada tanggal 8 Oktober 1948 sebagai cabang dari universitas Indonesia. Jakarta berdasarkan keputusan letnan jenderal gubernur pemerintah hindia belanda nomor 127 tanggal 23 juli 1947. Karena ketidakpastian yang berlarut-larut dan kekacauan di Makassar dan sekitarnya, maka fakultas ekonomi yang dipimpin oleh Drs. La. Enthoven (Direktur) dibekukan dan baru di buka kembali sebagai cabang fakultas ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 7 oktober 1953 bahwa pimpinan Prof. Drs. G.H.M Rieker. Di bawah pimpinan Prof.Drs G.H.M Riekerk. Fakultas ekonomi benar-benar hidup sebagai cikal bakal Universitas hasanuddin setelah dipimpin acting ketua Drs Wolhoff dan sekretarisnya Drs Muhammad Baga pada tanggal 1 september 1956 sampai resmikannya Universitas Hasanuddin pada tanggal 10 september 1956

Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin memiliki 3 jurusan program sarjana (S1) yakni: ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akutansi. Selain program diploma dan sarjana. Fakultas Ekonomi juga menyelenggarakan 6 program magister (S2) yakni: Ekonomi Perencanaan Pembangunan (EPP), Ekonomi Sumber Daya (ESD), Manajemen dan Keuangan (MAK) Magister Manajemen (MM) Magister  Sains Akutansi (MSA) dan Magister Keuangan Daerah (MKD). Untuk Program S3 fakultas ekonomi menyelenggarakan doktoral (S3) yakni ilmu ekonomi.


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyedikan fasilitas ruang kuliah, laboratorium, dan perpustakaan. Ruang kuliah yang nyaman karena dilengkapi fasilitas ruang kelas yang dilengkapi pendingin ruangan dan layar LCD. Laboratorium disesuaikan dengan kebutuhan jurusan, seperti Laboratorium Manajemen. Selain perpustakaan cetak, FE juga menyediakan e-library yang dapat diakses mahasiswa di luar kampus. FEB menyediakan taman dan gazebo dengan akses bebas internet. Selain itu, tersedia pula fasilitas ibadah yang berada tak jauh dari taman. Para mahasiswa juga akan diberi pengalaman untuk praktek lapangan atau program magang di beberapa instansi negeri maupun swasta. 

Departemen

S1

Ilmu Ekonomi

Manajemen

Akuntansi

S2

  • Ekonomi Perencanaan Pembangunan (EPP)
  • Ekonomi Sumberdaya (ESD)
  • Manajemen Dan Keuangan (MAK) 
  • Magister Manajemen (MM) 
  • Magister sains Akuntansi (MSA) 
  • Magister Keuangan Daerah (MKD) 

S3

  • Program Doktor Ilmu Ekonomi 
  • Program Doktor Ilmu Ekonomi – Kekhususan Manejemen
  • Program Doktor Ilmu Ekonomi – kekhususan Akuntansi

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: unhas.ac.id/fekon

 

Fakultas Hukum

URL: lawfaculty.unhas.ac.id

Telp. : (0411) 587219

        Didirikan tahun

03 Maret 1952

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Fakultas Hukum secara resmi berdiri pada tanggal 3 Maret 1952 berdasarkan keputusan Menteri P dan K Nomor 3399/kab, tanggal 30 Januari 1952 dengan nama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat.  Awalnya  Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran merupakan cabang dari Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ketiga Fakultas inilah yang kemudian menjadi cikal-bakal lahirnya universitas Hasanuddin pada tanggal 9 September 1952.


Keberhasilan pendirian Fakultas hukum dan Pengetahuan Masyarakat pada waktu itu, tidak lepas dari upaya maksimal para pejuang Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Badan Perguruan Tinggi di Makassar yang di pimpin J. E. Tatengkeng dan kawan-kawan, serta mendapat dukungan penuh baik dari pemimpin daerah maupun pemimpin partai politik yang ada ketika itu di Sulawesi.

Dekan pertama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di jabat oleh Prof. Mr. Djokosoetono, kemudian digantikan oleh Prof. Mr. C. De. Heern. Setelah itu, dilanjutkan oleh Prof. Drs. G.H.M. Riekerk. Pada tahun 1956 dibawah pimpinan Prof. Drs. G.H.M. Riekerk (1955-1958), Fakultas Hukum tidak lagi menjadi cabang dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, akan tetapi telah berdiri sendiri sebagai Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di bawah naungan Universitas Hasanuddin.


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Fakultas Hukum Unhas sebagai salah lembaga pendidikan hukum terkemuka di Indonesia senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswanya. Beberapa fasilitas bangunan kampus yang tertata menjadikan FH sebagai salah satu fakultas dengan fasilitas terlengkap. Ruang kuliah yang cukup luas dengan ruang pendingin dilengkapi layar LCD di setiap ruang kuliah. Selain ruang kuliah, juga terdapat aula yang bisa digunakan untuk seminar ataupun kuliah dalam kapasitas besar, seperti Aula “Baharuddin Lopa”. Untuk menunjang pembelajaran, FH juga menyediakan laboratorium, seperti Laboratorium Moot Court “Harifin Tumpa”, Laboratorium Video Conference “Laica Marzuki”, Laboratorium “Komputer”, Laboratorium “Perancangan”, dan Laboratorium “Penyuluhan Dan Advokasi”. Untuk para calon wisudawan, disediakan Ruang Sidang Ahmad Manggau dan Ruang Promosi yang berdiri sendiri. Fasilitas ibadah, seperti Masjid Baitul Hakiem, juga menjadi salah satu ikon fakultas.

 

 

Departemen

S1

  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Hukum Administrasi Negara

S2

  • Magister Ilmu Hukum
  • Magister Kenotariatan

S3

Ilmu Hukum

Bagian

pdf download 

Lihat Detail:

URL:lawfaculty.unhas.ac.id

 

Fakultas Farmasi

URL: unhas.ac.id/farmasi


        Didirikan tahun

2007

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Instruksi  Menteri  Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan  Republik Indonesia, Prof.Dr.Ir. Hadiwidjaya pada tahun 1962 agar setiap universitas negeri memperbanyak fakultas eksakta dan sosial, sehingga Presiden Universitas Hasanuddin Prof.Arnold Monotu mengadakan rapat untuk membicarakan instruksi menteri tersebut.

Setelah berbagai tahap, pada saat itu terbentuk Fakultas Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam (FIPPA)Universitas Hasanuddin  berdasarkan SK Menteri PTIP Nomor:102 tahun 1963 tepat tanggal 17 Agustus 1963. Unhas mempunyai lima jurusan, satu diantaranya Jurusan Farmasi. Mahasiswa angkatan pertama sebanyak 110 orang dari 145 calon pendaftar.

Pada masa kepemimpinan Rektor Prof.Dr.Ahmad Amiruddin, melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0266/Q/1977, tanggal 16 Juli 1977, FIPPA dan Fakultas Teknik digabung dalam satu fakultas yang disebut Fakultas Sains dan Teknologi. Enam tahun kemudian, tepatnya 1983, Bidang Sains menjadi Fakuktas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan Bidang Teknologi kembali menjadi Fakultas Teknik. Jurusan Farmasi tetap berada dibawah Fakultas MIPA.

Pada tanggal 11 Januari 2007, perubahan Jurusan Farmasi menjadi Fakultas Farmasi disetujui oleh Direjen DIKTI Depdiknas. Atas persetujuan Senat, Rektor Unhas menetapkan Fakultas Farmasi yang ditandai dengan keluarnya SK Rektor Unhas Nomor: 441/H4/0/2007 tanggal 14 Maret 2007 yang ditandatangani oleh Prof.Dr.Idrus A.Paturusi, SP.B., SPBO. Peresmian Fakultas Farmasi dilakukan pada tanggal 14 Nipember 2007.


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Fakultas Farmasi melaksanakan kegitan pembelajaran dengan memadukan berbagai pendekatan pembelajaran seperti Teacher Center Learning (TCL), Program Based Learning(PBL), dan Student Center Learning(SCL). Perpaduan ketiga pendekatan pembelajaran ini, setiap dosen Fakultas Farmasi dituntut mampu merancang rencana pembelajaran yang mampu mengantarkan mahasiswa kejenjang pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik. Demikian pula mahasiswa juga dituntut untuk mampu berperan secara aktif baik di kelas maupun di laboratorium dalam proses penyelesaian masalah melalui diskusi kelompok.

Fakultas Farmasi memiliki Laboratorium Biofarmika.  Lab ini menjadi pusat penelitian dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi, serta telah mampu melayani permintaan pengujian sampel dari instansi lainnya seperti pengujian keamanan sampel kosmetik dan uji kandungan kadar logam. Lab ini dilengkapi dengan sejumlah instrument canggih antara lain Liquid Chromatolography/MS-MS, Ultra Fast Liquid Chromatograhy(UFLC), SpektrofotometerUV-VIS, SpektrofotometerIR, Sephacore, AtomaticAbsorption Spectrophotometer (AAS), Real Time(PCR), NanosprayDrier, danFlame PWShotometer.

 

 

Departemen

S1

S2

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: http://farmasi.unhas.ac.id/

 

Fakultas Kedokteran Gigi

URL: dent.unhas.ac.id

Telp. : (0411) 586012

        Didirikan tahun

1983

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Di masa awalnya, Fakultas Kedokteran Gigi berupa Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso pada 23 Januari 1969. Pembentukan institut ini terbentuk atas kerjasama antara Unhas dan TNI AL. Kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Tenaga Kerja RI, Laksamana Dg Mamangun ke Dinas Kesehatan Gigi Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Halimah Dg Sikati, yang juga menjabat Kepala Bagian Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Berdasarkan SK Rektor Universitas Hsanuddin tertanggal 1 Januari 1969, Institut Kedokteran Gigi Yos Sudarso menjadi Departemen Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0226/1970 tertanggal 27 Juli 1970, maka resmilah kehadiran Departemen Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada tanggal 8 Juni 1974 ditandatangani perjanjian kerjasama yang kedua antara Universitas Hasanuddin dengan TNI-AL. Ketua Departemen Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin diserahterimakan dari Letkol drg.Subagio kepada Letkol drg.I.G Geria dan Departemen Kedokteran Gigi FK Unhas kemudian berubah menjadi jurusan Kedokteran Gigi FK Unhas. Kemudian, di tahun 1983, Unhas kemudian memekarkan jurusan Kedokteran Gigi ini menjadi fakultas sendiri dengan nama Fakultas Kedokteran Gigi berdasarkan SK Rektor Unhas No.91/0/02/83 tanggal 22 Februari 1983, dan surat Keputusan Mendikbud RI  No. 0563/01983 tertanggal 8 Desember 1983.


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

FKG memiliki 11 bagian, yakni Bagian Penyakit Mulut, Ilmu Bedah Mulut, Periodonsia, Prostodonsia, Pedodonsia, Orthodonsia, Biologi Oral, Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat, Konservasi Gigi, Radiologi, Ilmu Bahan dan Teknologi Kedokteran Gigi. Untuk menunjang pemberian keterampilan kerja di bidang profesi kedokteran gigi, FKG memiliki sarana Rumah Sakit (RS) Gigi dan Mulut yang juga berfungsi sebagai tempat pelayanan kesehatan gigi masyarakat. RS Gigi dan Mulut membuka bagian perawatan gigi klinik dalam pelayanan medis kedokteran gigi khusus dan pelayanan kedokteran gigi spesialis dalam berbagai tenaga keahlian dalam bidang profesi kedokteran gigi. Fakultas Kedokteran Gigi Unhas memiliki 2 buah Rumah Sakit Gigi dan Mulut pada 2 tempat yang berpisah yaitu Rumah sakit Gigi dan Mulut di Tamalanrea dan di Kandea.

Laboratorium dental Fakultas Kedokteran Gigi merupakan suatu unit untuk melatih keterampilan mahasiswa S1 dalam pembuatan restorasi dan appliance gigi dan mulut. Laboratorium ini juga dapat melayani kebutuhan dokter gigi untuk pembuatan restorasi gigi dan mulut.

Departemen

S1

Program Studi Kedokteran Gigi

Profesi

  • Program Profesi Kedokteran Gigi
  • Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Konservasi Gigi
  • Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periondotologi
  • Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Prostodonsia

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: dent.unhas.ac.id/

 

 

 

Fakultas Kedokteran

 

              Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam

URL: sci.unhas.ac.id


        Didirikan tahun

1961

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

FMIPA Universitas Hasanuddin resmi berdiri tanggal 17 Agustus 1963 dengan nama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam (FIPPA) yang terdiri atas empat Jurusan yaitu: Matematika, Fisika, Kimia dan  Biologi. Dalam perkembangannya, FIPPA menambah satu jurusan, yaitu Farmasi sehingga terdiri atas  lima jurusan. Pada Tahun 1977, FIPPA dan Fakultas Teknik disatukan dalam satu Fakultas bernama Fakultas Sains dan Teknologi. Enam tahun berselang tepatnya 1983, fakultas gabungan tersebut dimekarkan; bidang Sains menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sedangkan bidang teknologi kembali menjadi Fakultas Teknik. Dengan berubahnya Jurusan Farmasi menjadi Fakultas dalam tahun tahun 2005, maka sejak itu FMIPA kembali terdiri atas 4 jurusan, seperti awal didirikan.

 

Di usianya yang memasuki lima dekade, FMIPA telah memiliki program Magister dan Doctoral, masing-masing di Jurusan Kimia dan Matematika. Program Pasca Sarjana di Jurusan Fisika dan Biologi masih dalam tahap menunggu Izin pendirian dari Dirjen DIKTI. Alumni yang dihasilkan hingga Desember 2012 berkisar 6000 orang sarjana S1, 45 Orang S2 dan 29 orang S3.


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin sebagai penunjang proses pembelajaran, termasuk perbaikan, pemeliharaan kebersihan dan kenyamanan dalam melakukan aktivitas ditunjang dengan tersedianya gedung yang telah dilengkapi dengan kantor dekanat, ruangan pelayanan administrasi akademik dan kemahasiswaan, ruang perkantoran, ruangan laboratorium, ruang baca, perpustakaan Unhas yang dapat diakses oleh mahasiswa FMIPA Unhas, area parkir yang sangat luas baik di depan FMIPA Unhas, taman yang dilengkapi dengan tempat duduk dan area free hotspot yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mengakses internet, ruang seminar yang representatif, aula pertemuan, ruang penjaminan mutu, ruang senat, ruang ujian, kantin, dan fasilitas lainnya yang ikut menunjang kenyamanan sivitas akademika. Dan ditambah dengan ruang perpustakaan FMIPA Unhas yang memiliki luas 50 m2 yang didalamnya terdapat berbagai koleksi 2750 buku, 35 jurnal nasional dan internasional serta hasil-hasil penelitian mahasiswa FMIPA Unhas.

Departemen

S1

Jurusan Matematika

                Program Studi Matematika                

                Program Studi Statistika                    

                Program Studi Ilmu Komputer

Jurusan Biologi

                Program Studi Biologi        

Jurusan Fisika

   Program Studi Fisika          

   Program Studi Geofisika    

Jurusan Kimia                                    

   Program Studi Kimia          

S2

Matematika

Kimia

Fisika

Geofisika

S3

Kimia

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: sci.unhas.ac.id/

 

Fakultas Kehutanan

URL: unhas.ac.id/fahutan

Telp. : (0411) 589592

Email: kehutanan@unhas.ac.id

        Didirikan tahun

18 Agustus 1963

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

877 mahasiswa

Paska (S2)

47 mahasiswa

Informasi Umum

Cikal bakal berdirinya Fakultas Kehutanan dimulai dengan pembukaan Jurusan Kehutanan pada tanggal 18 Agustus 1963 atas kerjasama Fakultas Pertanian Unhas dengan Fakultas Pertanian Universitas Indonesia (saat ini Institut Pertanian Bogor-IPB). Jurusan Kehutanan resmi berdiri menjadi Fakultas Kehutanan pada tanggal 14 Maret 2007 berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 440/H2/2007 yang mengacu pada Surat Rekomendasi Dirjen Dikti No. 483/D/T/2006.

Saat ini Fakultas Kehutanan mengelola dua program studi, yaitu Program Studi Kehutanan (S1) dan Program Studi Magister Ilmu Kehutanan (S2). Kurikulum pendidikan kehutanan dirancang untuk memberikan pengetahuan ilmu kehutanan yang mampu menjawab tantangan zaman dan perkembangan IPTEKS kehutanan dan lingkungan. Kurikulum didisain pulauntuk meningkatkan keterampilan psikomotorik untuk memberikan keterampilan lapangan melalui praktek mata kuliah dasar dan mata kuliah keahlian, serta melalui praktek lapang/magang pada institusi/perusahaan di bidang kehutanan.

Fakultas Kehutanan memiliki dosen pengajar sebanyak 48 dosen yang berasal dari lulusan perguruan tinggi ternama dari dalam dan luar negeri. Saat ini kualifikasi dosen yang  berpendidikan doktor (S3) sebanyak 77% dan berpendidikan magister (S2) sebanyak 33%.

Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Kegiatan pembelajaran Program Studi Kehutanan didukung dengan fasilitas yang memadai, antara lain beruparuang kantor, ruang rapat,aula, ruang kuliah, seminar, dan ruang baca dilengkapi dengan peralatan dan layanan Internet (wifi) untuk kelancaran kegiatan pembelajaran.

Program Studi Kehutanan memiliki 10 (sepuluh) laboratorium, yaituLab. Perencanaan dan Sistem Informasi Kehutanan, Lab. Bioteknologi & Pemuliaan Pohon,  Lab. Silvikultur dan Fisiologi Pohon, Lab. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata, Lab. Pengolahan dan Pemanfaatan Hasil Hutan, Lab. Kebijakan dan Kewirausahaan Kehutanan, Lab. Terpadu Kehutanan, Lab. Pemanenan Hutan, Lab. Perlindungan Hutan, dan Lab. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.Fakultas Kehutanan juga memiliki Hutan Pendidikan seluas 1.300 ha yang terletak di dusun Bengo Kec. Cenrana, Kabupaten Maros. Hutan Pendidikan ini merupakan Laboratorium Alam yang dikelola secara khusus untuk tujuan penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, Fakultas Kehutanan memiliki taman yang luas dan asri dengan fasilitas gazebo sebagai tempat duduk dan berdiskusi mahasiswa  dengan akses internet/wifi.

 

Departemen

S1

Program Studi Kehutanan

S2

Magister Ilmu Kehutanan

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: unhas.ac.id/fahutan

 

Fakultas Peternakan

URL: peternakan.unhas.ac.id

Telp. : (0411) 587 217

Email: peternakan@unhas.ac.id

        Didirikan tahun

01 Mei 1964

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Berdasarkan potensi dan kebutuhan daerah Sulawesi Selatan dalam bidang peternakan, pada tahun 1963 masyarakat dan pemerintah daerah membentuk Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) yang diketuai oleh Syamsuddin Dg Mangawing. Dengan status swasta, FKHP memulai perkuliahan tanggal 10 Oktober 1963 dengan staf pengajar dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dinas Kehewanan dan instansi lain yang terkait. Pada 1 Mei 1964, FKHP memperoleh status negeri yang diintegrasikan ke dalam Universitas Hasanuddin dengan nama Fakultas Peternakan berdasarkan SK Menteri PTIP No: 37/1964. Faperta menjadi fakultas ke-9 di Unhas dengan empat staf pengajar dan 79 mahasiswa.

Dalam perjalanannya, Fakultas Peternakan telah beberapa kali melakukan reorganisasi diri merespon dinamika perkembangan yang terjadi. Tahun 1982, Fakultas Peternakan kembali berdiri sendiri setelah tahun 1977 diintegarsikan dengan Fakultas Pertanian dengan nama Fakultas Ilmu-Ilmu Pertanian. Fakultas Peternakan juga pernah mengelola Jurusan Perikanan di tahun 1983, sebelum akhirnya dimekarkan menjadi Fakultas Perikanan. Sejak tahun 1983, Faperta mengelola tiga jurusan, yakni Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, serta Sosial Ekonomi Peternakan lalu menambah Program Studi Teknologi Hasil Ternak (Prodi THT) di bawah jurusan Jurusan Produksi Ternak di tahun 2007. Karena Penataan dan Kodifikasi Program Studi, tahun 2009, ketiga jurusan tersebut ditambah Prodi THT dibentuk menjadi empat prodi namun dilebur dalam satu prodi, yaitu Prodi Peternakan, di tahun 2010, dengan izin penyelenggaraan berdasar SK Dirjen Dikti no. 3137/D/T/K-N/2010 tanggal 22 Juli 2010. Selain itu, Fakultas Peternakan juga membina satu prodi untuk tingkat S2, yaitu Prodi Ilmu dan Teknologi Peternakan. 


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Kedua Prodi, S1 dan S2 tersebut, didukung sepenuhnya oleh empat bagian, yakni Bagian Produksi Ternak, Bagian Nutrisi dan Makanan Ternak, Bagian Sosial Ekonomi Peternakan, dan Bagian Teknologi Hasil Ternak. Bagian-bagian terebut mengelola beberapa laboratorium untuk mendukung kegiatan tridarma (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat), seperti Laboratorium Nutrisi Ruminansia, Fisiologi Ternak, Mikrobiologi dan Kesehatan Ternak, dll. Laboratorium tersebut menyediakan fasilitas yang bermutu dan selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Disamping laboratorium yang berada di kampus, Fakultas Peternakan juga dilengkapi dengan laboratorium lapangan berupa Mini Ranch  di Kab. Enrekang dan Kab. Gowa, serta Breeding Center di Maroanging Kab. Enrekang. Fakultas Peternakan sejak berdirinya hingga saat ini telah menghasilkan 4425 alumni yang tersebar dan bekarya di berbagai bidang pekerjaan di seluruh Indonesia dan beberapa di Luar Negeri.

Departemen

S1

  • Program Studi Peternakan
  • Bagian Produksi Ternak
  • Bagian Teknologi Hasil Ternak
  • Bagian Nutrisi dan Makanan Ternak
  • Bagian Sosial Ekonomi Peternakan

S2

  • Program Studi Ilmu dan Teknologi Peternakan

pdf download 

Lihat Detail:

URL: http://peternakan.unhas.ac.id/id/

Fakultas Teknik

 

Fakultas Teknik

URL: http://eng.unhas.ac.id/

Telp. : (0411) 586200

Ext.2161,2165

        Didirikan tahun

1960

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin berdiri sejak 7 September 1960, yang terdiri atas tiga jurusan, yakni Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Perkapalan. Pengembangan fakultas melalui pembukaan jurusan baru tetap berjalan sampai bulan September 1963, saat terbentuk Jurusan Teknik Arsitektur dan Teknik Elektro. Pembentukan Jurusan Teknik Geologi pada bulan September 1982 menutup rangkaian pengembangan jurusan pada Fakultas Teknik. Saat ini Fakultas Teknik terdiri dari 13 Program Studi Sarjana, 6 Program Studi Magister dan 4 Program Studi Doktor.

Fakultas yang kini berdomisili di Kab.Gowa ini bervisi menjadi institusi unggulan dalam bidang rekayasa untuk keberlanjutan global dengan semangat budaya maritim. Visi tersebut sejalan dengan tujuan fakultas teknik yang menginginkan lulusannya memiliki kompetensi yang seimbang antara keunggulan ilmu pengetahuan dan keterampilan keteknikan yang link-n-match dengan tuntutan kemajuan dunia industri rekayasa dan manufaktur dalam wawasan spesifik lingkungan benua maritim. Karena itulah, FT mengembangkan jaringan kerjasama kemitraan nasional dan internasional yang unggul dalam pendidikan dan penelitian keteknikan secara multi-disiplin, serta mengembangkan pendidikan dan penelitian intensif untuk pembangunan berkelanjutan menghadapi isu degradasi lingkungan global.


Ruang & Fasilitas Kuliah

Sasaran Fakultas Teknik dalam menyelenggarakan pembelajaran dengan Metode Student Centered Learning (SCL) yang bercirikan model Laboratory-Based Education (LBE). Kini, FT Karena itulah, setiap jurusan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium yang memadai. Penyelenggaraan riset berkualitas internasional dengan kolaborasi riset dengan perguruan tinggi luar, seperti Kyushu University, Monbukagakusho, dan lain-lain. Program Studi Lingkungan, misalnya, yang memiliki tiga laboratorium utama, yakni Laboratorium Riset Air, Laboratorium Riset Manajemen Persampahan, dan Laboratorium Udara dan Bising. Selain praktikum dalam kampus, mahasiswa juga akan diperkaya dengan praktikum lapangan, seperti Fieldtrip, Praktek Kerja Lapang, dll.

Fakultas Teknik merealisasikan kompleks bangunan kampus termodern di Asia Tenggara 2012 lalu di Kab.Gowa. Kompleks bangunan kampus ini berada di wilayah 3.500 ha menyediakan beberapa fasilitas seperti ruang kuliah bertekhnologi, perpustakaan, aula pertemuan, serta JK Center.

Departemen

S1

Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Perkapalan                     

Program Studi Magister Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik Arsitektur

Jurusan Teknik Geologi

S2

S3

Program Studi Doktoral Teknik Sipil

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: http://eng.unhas.ac.id/

FIKP

 

Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan

URL: fikp.unhas.ac.id/

Telp. : (0411) -

Email: fkip.unhas.ac.id

        Didirikan tahun

1996

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Kawasan Timur Indonesia memiliki kekayaan perairan laut karena terdiri dari gugusan pulau-pulau yang menyimpan kekayaan biodiversity laut serta kultur kebaharian yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan sektor kelautan dan perikanan mempunyai peranan penting dalam pembangunan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kawasan Timur Indonesia.

Oleh karena itu, tahun 1975 Universitas Hasanuddin menetapkan pengembangan Ilmu Kelautan sebagai Pola Ilmiah Pokok (PIP) secara resmi berdasarkan SK. Rektor No. 1149/UP UH/1975 tanggal 27 Desember 1975. Meskipun, jauh sebelum PIP ini dibentuk, Unhas telah membuka Jurusan Perikanan di bawah Fakultas Pertanian pada tahun 1968. Penetapan pola ilmiah pokok ini didasarkan atas analisis strategis, letak geografis, potensi sumberdaya alam laut, dan sosial budaya masyarakat kawasan Indonesia Timur, tempat Unhas bermukim, terkenal sebagai masyarakat bahari. Di tahun 1988, Unhas mulai membuka Program Studi Ilmu Kelautan sebagai salah satu pelaksanaan tanggung jawab Unhas di bidang pendidikan untuk pengembangan pendidikan Ilmu Kelautan. Begitu pula pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh setiap bidang ilmu yang dikembangkan di Unhas juga sebagian besar diarahkan terkait dengan kelautan.

Kemudian, pada tahun 1996 terbentuklah Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 036/0/1996 tanggal 29 Januari 1996, yaitu integrasi Jurusan Ilmu Kelautan dan Jurusan Perikanan. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini merupakan fakultas kedua belas yang dibentuk Unhas. 

Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Pengembangan Pola Ilmiah Pokok Kelautan dimulai dari pengembangan program pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kelembagaan. Pengembangan pendidikan kelautan dilaksanakan melalui penataan program studi Ilmu Kelautan dan kurikulumnya, pembentukan lembaga Jurusan Ilmu Kelautan dan pemindahan Jurusan Perikanan sampai pada pembentukan lembaga Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP). Begitu pula rencana pembukaan program studi Teknologi Kelautan, serta pembukaan program pendidikan Kelautan pada Pasca Sarjana Unhas.

Perhatian terhadap kelautan tidak terbatas pada program pendidikan saja, tetapi juga terhadap pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat. Sampai sekarang telah dihasilkan karya penelitian dan pengabdian masyarakat yang bercirikan kelautan dalam jumlah yang lebih besar tiap tahun. Bahkan upaya untuk menjadikan Universitas Hasanuddin sebagai Research University telah menyiapkan Gedung Riset Center serta sarana laboratoriumnya. Selain itu, tersedia pula pusat kegiatan berupa Unit Aquarium, Coral Center, Marine Station, dan Consortium Seaweed. Hal ini dilaksanakan untuk lebih menjamin keberlanjutan pengembangan berbagai bidang iptek khususnya pengembangan pola ilmiah pokok kelautan Unhas.

Departemen

S1

Jurusan Ilmu Kelautan

Program Studi Ilmu Kelautan                                                                      

                Konsentrasi Eksplorasi Sumberdaya Hayati Laut (EHSL)

                Konsentrasi Konservasi Sumberdaya Hayati Laut (KHSL)

Jurusan Perikanan

                Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP)                               

Program Studi Budidaya Perairan (BDP)                                         

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP)          

Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan (SEP)                                            

S2

S3

 

pdf download 

Lihat Detail:

URL: fikp.unhas.ac.id/

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat

URL: fkm.unhas.ac.id

Telp. : (0411) 586200

        Didirikan tahun

5 November 1982

 Jumlah Mahasiswa

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) adalah salah satu dari 14 Fakultas yang ada di Universitas Hasanuddin (Unhas). FKM Unhas mengembangkan pelaksanaan pendidikan dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu gizi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Sejak berdiri pada tanggal 5 November 1982, saat ini FKM Unhas telah memiliki 3 (tiga) Program Studi dan semuanya terakreditasi A dari BAN-PT, yaitu Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari 7 Bagian dan1 Konsentrasi, S1 Ilmu Gizi, dan S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari 7 Konsentrasi. Sejak Februari 2013, FKM Unhas telah memperoleh sertifikat ISO 9001: 2008 untuk implementasi Sistem Manajemen Mutu.

FKM Unhas didukung oleh 82 tenaga pendidik (dosen tetap) dengan kualifikasi 37 orang berjenjang pendidikan S3 (14 orang dengan jenjang jabatan Guru Besar). Selebihnya dengan kualifikasi S2, di mana10 orang di antaranya sedang mengikuti jenjang pendidikan S3. FKM Unhas juga di dukung oleh tenaga administrasi sebanyak 44 orang, yang terdiri dari PNS sebanyak 28 orang dan tenaga kontrak sebanyak 16 orang.

Saat ini, FKM Unhas telah menghasilkan lulusan Sarjana sebanyak 5271 orang (4948 Sarjana Kesmas dan 323 Sarjana Gizi), dan1965 Magister sesuai daftar wisuda periode Maret 2013. Alumni FKM Unhas tersebar di seluruh Indonesia, terutama pada KawasanTimur Indonesia (KTI).


Ruang Kuliah dan Fasilitas 

Gedung FKM terdiri dua gedung utama dan satu gedung baru masing-masing berlantai tiga, dengan luas bangunan seluruhnya sekitar 2.200 m2, yang terdiri dari 14 ruang kuliah, 4 ruang seminar (aula dan ruang kecil), 4 ruang pimpinan, 8 ruang sekretariat bagian dan ruang kerjasama dosen, 6 ruang pelaksanaan administrasi, 5 ruang sekretariat program magister, 1 ruang sidang senat fakultas, 1 ruang dharma wanita, dan 2 gudang perlengkapan.

Selain fasilitas ruang kuliah dan administrasi, FKM juga memiliki fasilitas lainnya seperti ruang laboratorium terpadu, ruang perpustakaan, dan sarana aktivitas kemahasiswaan.

 

 

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri atas 2 Program Studi yaitu:

1. Program Studi Kesehatan Masyarakat

a. Program Sarjana (S.KM) 

  • Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
  • Bagian Biostatistik dan KKB
  • Bagian Epidemiologi
  • Bagian Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja
  • Bagian Kesehatan Lingkungan
  • Bagian Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku
  • Bagian Manajemen Rumah Sakit
  • Konsentrasi Kesehatan Reproduksi dan Keluarga

b. Program Master (M. Kes)

  • Konsentrasi Kesehatan Lingkungan
  • Konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
  • Konsentrasi Epidemiologi
  • Konsentrasi Promosi Kesehatan
  • Konsentrasi Gizi
  • Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit
  • Konsentrasi Kesehatan Reproduksi dan Keluarga

 

c. Program Doktor (DR. KM)

  • Ilmu Kesehatan Masyarakat

2. Program Studi Ilmu Gizi

Program Sarjana (S.GZ)

  • Ilmu Gizi

pdf download 

Lihat Detail:

URL: fkm.unhas.ac.id

 

Fakultas Kedokteran

URL: med.unhas.ac.id

Telp. : +62411 586010 

email :

fkunhas[at]med.unhas.ac.id

         Didirikan pada 

1956

 Jumlah Mahasiswa  

Sarjana (S1)

-

Paska (S2)

-

Informasi Umum

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin didirikan oleh menteri Pendidikan sebagai Fakultas Kedokteran Makassarpada27 Januari 1956. Ketika Universitas Hasanuddin didirikan, Fakultas Kedokteran Makassar dibubarkan dan dilebur ke universitas sebagai Fakultas Kedokteran. Dengan sejarah lebih dari 50 tahun, ini adalah salah satu Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia, dan tentu sajayang tertua di bagian Timur Indonesia dengan bangunan yang lebih megah dan representasi bangunan kampus di Kampus Tamalanrea Unhas.

 

FK Unhas bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Tipe A –pelayanan tingkat tertinggi dengan jangkauan spesialisasi yang luas- sebagai rumah sakit pendidikan. RS Utama yang digunakan tersebut adalah RS Unhas dan RSUP Wahidin Sudirohusodo yang terletak di sekitar kampus. Selain itu, fakultas juga bekerjasama dengan berbagai RS untuk pengajaran klinikal, termasuk RSU Labuang Baji, RS Pelamonia, RS Akademis Yaury Yusuf, RS Islam Faisal, dan beberapa puskesmas.

 

Dengan komitmen kuat untuk menghsilkan alumnus yang mampu berkompetisi di era globalisasi dan memenuhi standar internasional, FK terus berinovasi pada sistem pendidikan, khususnya integrasi dengan mahasiswa-mahasiswa internasional, seperti Malaysia. Terlepas dari pengajaran formal, FK juga mengembangkan layanan dan pengobatan mutakhir bagi masyarakat setempat. Banyak diantara staf departemen praklinik melakukan penelitian dasar mengenai Parasitologi, Mikrobiologi, dan Gen Molekular Medis. Penelitian ini pun pendanaannya didukung oleh pihak lokal dan melalui kolaborasi internasional. 

Ruang Kuliah dan Fasilitas

Description: http://next.unhas.ac.id/assets/userfiles/image/5_ffee2447b152494b43d9816faaea83c8_m.jpg

FK terdiri dari 10 Departemen praklinis dan 15 Departemen klinis.Departemen klinis dan praklinis terletak di rumah sakit, sementaradepartemen pra-klinis berada di fakultas. Departemen tersebut yakni Anatomi, Histologi, Biokimia, Fisiologi, Farmakologi, Patologi, Patologi Klinik, Mikrobiologi, Parasitologi, Pediatrics, Internal Medicine, Bedah, Penyakit Kulit-Venerology, THT, Mata, Psikiatri, Neurology, Forensik Kedokteran, Obstretrics dan Ginekologi, Anestesiologi, radiologi, ortopedi, dan Cardiology.

Fasilitas fakultas mencakup Perpustakaan Medis, Computer Aided Learning Laboratory (CALL), Clinical Skills Laboratory, Laboratorium Terpadu dan sebuah ruang perawatan klinis. Fakultas memiliki koleksie-bookdan videomedik dalam jumlah besar. Fakultas memiliki rumah produksi sendiri untuk menghasilkan alat bantu ajar multimedia yang berkualitas tinggi.Keuntungan dari alat bantu ini karena dapat menampung materi kuliah yang dapat diperoleh oleh siswa dalam bentuk CD-ROM. Selain itu, electronic textbook memiliki ilustrasi berwarna-warni, dan dapat dicetak jika diperlukan. Saat ini FK memberlakukan pengajaran 24 jam. Proses pengajaran juga dibantuoleh 270 dosen sementara yang sebagian besar merupakan dokter di RS umum dan RS Pendidikan.

 

Departemen

S1

  • Program Studi Ilmu Kedokteran
  • Program Studi Ilmu Keperawatan
  • Program Studi Fisioterapi                        
  • Program Studi Psikologi
  • Program Studi Kedokteran Hewan

S2

Profesi

  • Program Pendidikan Dokter Spesialis 

S3

 

pdf download 

Info detail : http://med.unhas.ac.id

SEKILAS TENTANG PROGRAM PASCASARJANA

Universitas Hasanuddin sebagai induk organisasi Program Pascasarjana diresmikan berdirinya pada tanggal 10 September 1956 oleh Wakil Presiden I Drs. Moh. Hatta. Tetapi cikal bakal lahirnya program Pascasarjana baru dimulai 34 tahun kemudian (1980), ketika Rektor Universitas Hasanuddin Prof.Dr. A. Amiruddin membentuk Panitia Persiapan Pendidikan Pascasarjana yang diketuai oleh Prof.Dr.Ir. Fachrudin. Tugas panitia ialah mempersiapkan pembukaan Pendidikan Pascasarjana Tingkat Magister (S2), guna memenuhi kebutuhan tenaga pengajar dalam memperbaiki proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi, serta untuk memenuhi kebutuhan pembangunan regional dan nasional di Indonesia.

Kerja keras yang dilakukan oleh Panitia akhirnya membuahkan hasil dengan keluarnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 325/D/T/1982, yang memberi kepercayaan Universitas Hasanuddin membuka Pendidikan Pascasarjana dengan bekerja sama Institut Pertanian Bogor melalui program Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK). Ketika itu baru ada empat program studi yang ditawarkan, yakni Program Studi Sistem-sistem Pertanian, Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Ekonomi Sumberdaya, sementara pimpinan Pascasarjana dijabat oleh Prof.Dr.Ir. Fachrudin dan Dr. Sjamsuddin Rasjid, M.Sc. sebagai sekretaris.

Empat tahun kemudian, Program Pendidikan Pascasarjana Universitas Hasanuddin diakui menjadi Fakultas Pascasarjana berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 52 tahun 1986 tertanggal 11 Oktober 1986, dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Fuad Hassan pada tanggal 9 Desember 1986. Bersamaan dengan peresmian Fakultas Pascasarjana, ditandatangani pula kesepakatan kerjasama antara Universitas Hasanuddin dan Institut Pertanian Bogor tentang rencana KPK untuk Program Doktor (S3) dalam bidang studi yang berkaitan dengan Ilmu-ilmu Pertanian. Pada waktu itu Dekan Pascasarjana beralih dari Prof. Dr. Ir. Fachrudin yang diangkat menjadi Rektor Universitas Hasanuddin kepada Prof.dr. Hardjoeno dan dibantu oleh Dr. A. Karim Saleh sebagai Pembantu Dekan I bidang Akademik, Dr. Ir. Anna K. Pairunan sebagai Pembantu Dekan II bidang Administrasi dan Keuangan serta Dr. Syahruddin Kadir sebagai Pembantu Dekan III bidang Kemahasiswaan. Dalam priode ini Fakultas Pascasarjana sudah mulai menammatkan 5 orang Magister sebagai alumni pertama.

Hanya berselang empat tahun sesudah Fakultas Pascasarjana diresmikan, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 1990 dikeluarkan oleh Pemerintah, disusul Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. No.0311/0/1991 tanggal 6 Juni 1991 tentang Penggantian kembali nama Fakultas Pascasarjana menjadi Program Pascasarjana di lingkungan universitas dan institut negeri di seluruh Indonesia, termasuk Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Dalam priode ini pimpinan Pascasarjana dijabat kembali oleh Prof.dr.Hardjoeno dengan pergantian Asisten I bidang akademik dari Prof.Dr. A.Karim Saleh yang diangkat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi kepada Dr.Ir. Mas'ud Junus, M.Sc., sementara dua pejabat lainnya yakni Dr.Ir. Anna K. Pairunan dan Dr. Syahruddin Kadir, M.Sc. tetap pada posisi semula.

Selanjutnya memasuki tahun 1992, setelah Prof.dr. Hardjoeno mengakhiri jabatannya, pimpinan Pascasarjana selanjutnya dijabat oleh Prof.Dr. Sumali Wiryowidagdo dan dibantu oleh dr.A. Husni Tanra, Ph.D sebagai Asisten I dan Dr. Syahruddin Kadir, M.Sc. sebagai Asisten II. Empat tahun sesudah itu, Prof.dr. A. Husni Tanra Ph.D. dipromosikan naik menjadi direktur dan dibantu oleh Prof.Dr.Ir. Ananto Yudono, M.Eng. sebagai Asisten I bidang Akademik dan Riset, Dr. Hafied Cangara, M.Sc. sebagai Asisten II bidang Administrasi dan Keuangan, dan Dr. Syahruddin Kadir, M.Sc. sebagai Asisten III bidang Kerjasama dan Pengembangan.

Selanjutnya pada tahun 2002 pimpinan Pascasarjana dijabat oleh Prof.Dr.Ir.M.Natsir Nessa, MS sebagai Direktur, dibantu oleh Prof.Dr.Sumarwati Kramadibrata Poli, M.Lit. sebagai Asisten Direktur I Bidang Akademik dan Prof.Dr.Aminuddin Salle, SH, MH. sebagai Asisten Direktur II Bidang Administrasi, Keuangan dan Kerjasama. Memasuki pertengahan tahun 2004 jabatan Asisten Direktur II mengalami pergantian, dimana pejabat baru dipercayakan kepada Dr.Ir. Thamrin Idris, MS menggantikan Prof.Dr.Aminuddin Salle, SH, MH yang dipromosikan menjadi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IX.

Selanjutnya sejak Juli 2006 pimpinan Pascasarjana dijabat oleh Prof.Dr.dr. A.Razak Thaha, M.Sc. sebagai direktur dibantu oleh Prof.Dr.Sumarwati Kramadibrata Poli, M.Lit. sebagai Asisten Direktur I Bidang Akademik dan Prof.Dr.Ir.Basit Wello, M.Sc. sebagai Asisten Direktur II Bidang Administrasi, Keuangan dan Kerjasama. Pada bulan Mei 2007 dibentuk Asisten Direktur III Bidang Penjaminan Mutu, Monevin, Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni yang dijabat oleh Prof.Dr.Ir. Ambo Tuwo, DEA.

Selanjutnya pada bulan Juli 2010 pimpinan Pascasarjana dijabat oleh Prof.Dr.Ir. Mursalim sebagai direktur; dibantu oleh Prof.Dr.Ir. Ambo Tuwo, DEA sebagai Asisten Direktur I Bidang Akademik; Prof.Dr. Syamsul Bachri, SH, MS sebagai Asisten Direktur II Bidang Administrasi dan Keuangan; sedangkan Asisten Direktur III Bidang Penjaminan Mutu, Monevin, Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni yang dijabat oleh Prof.dr. Veni Hadju, Ph.D.

Selanjutnya pada bulan Juli 2014 pimpinan Pascasarjana dijabat oleh Prof.Dr. Syamsul Bachri, SH, MS; dibantu oleh Prof.Dr.dr. Suryani As'ad, M.Sc sebagai Asisten Direktur I Bidang Akademik; Prof.Dr. Hamka, M.A. sebagai Asisten Direktur II Bidang Administrasi dan Keuangan; sedangkan Asisten Direktur III Bidang Kerjasama, Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni dijabat oleh Prof. Dr. Ing. Herman Parung.

Setelah 29 tahun penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana di Universitas Hasanuddin, jumlah alumni sampai Desember 2015 adalah 1.619 Doktor, dan 19.957 Magister. Jumlah program studi yang ditawarkan sampai saat ini adalah 46 program studi program Magister (S2) dan 14 program studi program Doktor (S3).

VISI, MISI dan TUJUAN

VISI
Menjadi lembaga pendidikan pascasarjana yang berbudaya kualitas dengan lulusan serta hasil penelitian yang selalu relevan secara nasional dan internasional.
Kualitas dan relevansi dalam hal ini memiliki atribut sebagai berikut:

Kualitas :

  •     Lulusan yang kreatif, inovatif, dan arif sehingga dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya sesuai dengan perkembangan pengetahuan global.
  •     Hasil-hasil penelitian yang dapat dipublikasikan pada jurnal-jurnal internasional sehingga dapat berkontribusi terhadap pengembangan khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.


Relevansi :

  •     Lulusan yang memiliki kompetensi dan kemahiran analisis, sintesis, dan evaluasi yang diwarnai oleh nilai-nilai budaya bahari.
  •     Hasil-hasil penelitian yang konsisten dalam mendukung peningkatan daya saing bangsa dan memperkuat reaktualisasi nilai-nilai budaya bahari.


MISI

  •     Mengembangkan profesionalitas dan intelektualitas sumberdaya manusia melalui proses pembelajaran yang berbasis mahasiswa [learning based]
  •     Mengembangkan PPs sebagai ujung tombak dan inkubator pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam rangka mewujudkan Unhas sebagai universitas penelitian (research university).
  •     Mengembangkan PPs sebagai program unggulan untuk meningkatkan kredibilitas universitas.


TUJUAN PENDIDIKAN PPs UNHAS

  •     Menghasilkan lulusan S2 dan S3 yang memiliki kompetensi keilmuan dan diakui secara nasional dan internasional.
  •     Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan dapat dijadikan rujukan pengembangan khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermuara pada peningkatan       daya saing bangsa. 

info detail : http://pasca.unhas.ac.id/