Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN Untuk Tiga Prodi Fakultas Teknik Resmi Berakhir

Visitasi lapangan ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) yang berlangsung selama empat hari untuk tiga program studi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yakni Teknik Pertambangan, Teknik Perkapalan dan Teknik Industri resmi berakhir.

Penutupan ditandai dengan mendengarkan hasil asesmen dari para asesor, berlangsung mulai pukul 17.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (16/12).

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Horst Brezinski mewakili para asesor ASIIN menyampaikan terima kasih atas partisipasi Unhas dalam mendukung proses asesmen, sehingga terlaksana dengan baik. Dirinya mengatakan, prodi FT Unhas memiliki banyak hal menarik, proses monitoring dan kerja sama berlangsung secara profesional. Meskipun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan kembali.

Kegiatan resmi ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP. Beliau menyampaikan rasa syukur atas proses asesmen akreditasi internasional ini. Beliau menuturkan, proses akreditasi baik nasional maupun internasional merupakan salah satu program strategis Unhas untuk menjaga kualitas mutu pembelajaran. Asesmen tersebut sebagai pembuktian atas pencapaian Unhas yang terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui keterlibatan dalam akreditasi internasional.

Meskipun berlangsung secara virtual, Prof. Restu meyakini ASIIN telah menetapkan prosedur akreditasi yang baik untuk proses yang sifatnya online. Dengan demikian, kualitas asesmen tetap terjaga seperti biasanya. Tidak lupa, beliau juga mengapresiasi seluruh kinerja task force pada tingkat universitas maupun program studi yang telah melakukan persiapan secara maksimal.

“Sejak awal pandemi, intensitas pembelajaran online menjadi semakin meluas. Pandemi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia kependidikan. Namun, hal ini mendorong para sivitas akademika Unhas untuk terus berinovasi dan kreatif dalam proses pembelajaran. Kualitas prosedur akreditasi ASIIN sejalan dengan tujuan strategis Unhas untuk diakui secara internasional. Kami berharap hasilnya sesuai apa yang diharapkan,” jelas Prof. Restu.

Terkait:  Unhas dan Pemprov Kalimantan Utara Sepakati Kerja Sama Pengembangan Tridarma

Secara umum, proses visitasi internasional merupakan bagian dari akuntabilitas Unhas. Semua prodi saat ini telah terakreditasi secara nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. Unhas juga telah berhasil meningkatkan dan mempertahankan akreditasi institusi dengan peringkat A pada tahun 2017, peringkat status akreditasi tertinggi yang diberikan oleh BAN-PT. Keterlibatan yang bersifat global juga menjadi salah satu fokus utama Unhas dengan meraih peringkat dalam QS Ranking dan THE Impact Ranking.

Sebelumnya, proses visitasi telah dilakukan mulai Senin (13/12) oleh tujuh auditor dari ASIIN terdiri atas:

1. Prof. Dr. Horst Brezinski
2. Prof. Dr. Detlev Doherr
3. Prof. Dr. Andreas Griesinger
4. Prof. Dr. Hartmut Ulricht
5. Raphael Kiesel M.A
6. Effi-Laura
7. Dr. Michael Meyer

Penutupan asesmen ASIIN berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita. Hasil asesmen akan dikirimkan oleh para asesor untuk kemudian dilengkapi beberapa dokumen yang perlu ditambahkan. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa