Universitas Hasanuddin Gelar Pembekalan KKN Gelombang 108 bagi 3709 Mahasiswa

Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan pembekalan kepada mahasiswa KKN Gelombang 108 yang mengusung tema “Peran Mahasiswa KKN Unhas dan Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Program Desa Inovatif”. Pembukaan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan terhubung secara langsung pada akun YouTube P2KKN Unhas, Senin (23/05).

Kepala Pusat P2KKN Muhammad Kurnia, S.Pi., M.Sc., Ph.D menyampaikan KKN Unhas Gelombang 108 akan diikuti oleh 3.709 mahasiswa yang tersebar di 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan. Dosen pendamping yang akan terlibat sebanyak 129 orang dari seluruh fakultas di Unhas. Topik KKN disusun dengan tetap menyesuaikan program kerja pada gelombang sebelumnya untuk menerapkan sistem keberlanjutan program kerja.

“Pandemi berkonsekuensi pada beberapa pembatasan, namun dengan perencanaan yang baik kita harapkan dapat mencapai tujuan KKN. Partisipasi mahasiswa merupakan elemen penting dalam seluruh tahapan. Olehnya itu, mahasiswa peserta KKN kita harapkan dapat berperan optimal dalam melaksanakan program kerja untuk membawa perubahan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat di masa pandemi sekarang ini,” jelas Kurnia.

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. Dalam sambutannya, beliau mengatakan keberadaan mahasiswa KKN di tengah masyarakat bisa menjadi kegiatan yang dapat meningkatkan upaya pengembangan dalam berbagai sektor.

KKN merupakan momentum bagi mahasiswa Unhas dalam mengoptimalkan kemampuan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Beliau berpesan, agar para mahasiswa Unhas bisa menjaga semangat dan membangun tim kerja yang baik dalam proses pengabdian yang dilakukan.

“KKN merupakan upaya dari proses pengabdian kepada masyarakat. Olehnya itu, para mahasiswa kita harapkan dapat memanfaatkan ruang belajar ini untuk peningkatan keilmuan sekaligus berinteraksi langsung dengan masyarakat dan terlibat membantu permasalahan yang mungkin dirasakan oleh masyarakat secara umum,” jelas Prof. JJ.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Kuliah Tamu oleh Narasumber Internasional

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan materi pembekalan dari para narasumber. Materi awal dijelaskan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Prof. Dr. Andi Alimuddin Unde, M.Si., terkait “Penguatan Program Pengabdian Masyarakat melalui Kegiatan KKN”.

Prof. Alimuddin mengatakan, KKN hadir dengan tujuan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk memahami masalah masyarakat melalui penerapan konsep ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Kinerja pengabdian pada masyarakat melalui KKN merupakan prestasi yang dicapai mahasiswa dalam melaksanakan tugas pengabdiannya sesuai standar dan kriteria yang ditetapkan.

Rangkaian kegiatan pembekalan KKN Gelombang 108 berlangsung lancar hingga pukul 11.30 Wita. Rencananya, akan kembali dilakukan pembekalan khusus sesuai program atau wilayah yang telah dipilih oleh mahasiswa bersangkutan. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa