Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan PLTB Tolo Jeneponto untuk Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan

PLTB Tolo Jeneponto dibangun sejak 2016 dan telah beroperasi secara komersial sejak 14 Mei 2019. Pembangunan PLTB Jeneponto merupakan lanjutan proyek pembangkit listrik tenaga angin pertama PLTB Sidrap. Tepatnya di Kabupaten Sidenreng Rappang 262 kilometer dari Jeneponto. PLTB Tolo Jeneponto jaraknya 3 jam perjalanan darat jika ditempuh dari Kota Makassar.

Pada prinsipnya Pembangkit Listrik Tenaga Angin atau sering juga disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah salah satu pembangkit listrik energi terbarukan yang ramah lingkungan dan memiliki efisiensi kerja yang baik jika dibandingkan dengan pembangkit listrik energi terbarukan lainnya. Prinsip kerja PLTB adalah dengan memanfaatkan energi kinetik angin yang masuk ke dalam area efektif turbin untuk memutar baling-baling/kincir angin, kemudian energi putar ini diteruskan ke generator untuk membangkitkan energi listrik. Teknologi PLTB juga memiliki persentase efisiensi rata-rata sebesar 40% dalam mengubah energi gerak angin menjadi energi listrik.

Kincir raksasa pada PLTB Tolo Jeneponto mampu mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan kemudian terkoneksi dengan gardu induk 150 Kv di Jeneponto. Listrik yang dihasilkan oleh PLTB Jeneponto sebesar 72 Mega Watt (MW), terbesar kedua setelah PLTB Sidrap, yaitu sebesar 75 MW. Energi listrik yang dihasilkan ini dapat memenuhi kebutuhan Listrik di Provinsi Sulawesi Selatan. Saat ini kebutuhan listrik di Sulawesi Selatan mencapai 1.050 MW, sedangkan listrik yang tersedia telah mencapai 1.300 MW. Surplus listrik ini diharapkan dapat menjadi penunjang peningkatan perekonomian dan industri di Sulawesi Selatan.

Dengan adanya EBT PLTB Tolo ini, Universitas Hasanuddin telah melakukan kerjasama dengan PLTB Tolo dalam rangkaian proses pembelajaran dan pemanfaatan PLTB Tolo di Jeneponto sebagai energi pembangkit listrik yang ramah terhahadap lingkungan. Hal ini dilakukan terkait kepentingan Unhas dalam mengelola beberapa program studi yang erat kaitannya dengan kegiatan PLTB Jeneponto, misalnya Teknik Elektro, Teknik Mesin dan program-program studi lainnya yang ada di Universitas Hasanuddin. Berikut ini beberapa gambar terkait kegiatan kerja sama tersebut antara Univesitas Hasanuddin dengan PLTB Tolo, Kabupaten Jeneponto.

Terkait:  SDGs Center Unhas dan The Conversation Selenggarakan Workshop Kepenulisan Artikel Media Massa

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa