Unhas Tuan Rumah Kuliah Umum Kerja Sama KBRI Washington, MRPTNI, dan I-4

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin bertindak sebagai host dalam penyelenggaraan Virtual Public Lecturer (VPL) dengan topik “Clinical Research from Bench-to-Bedsite”. Acara yang menghadirkan Eva Suarthana, MD., Ph.D., (adjunct Professor, Departemen Obstetri dan Ginekologi, McGill University) sebagai narasumber berlangsung mulai pukul 10.00 Wita melalui aplikasi zoom meeting dan live di kanal YouTube FK Unhas, Jumat (29/01).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) USA-Canada. Acara ini merupakan bagian dari program People to People Relationship, dalam bentuk VPL Klaster Ilmu Kesehatan Seri ke-5.

Dekan FK Unhas Prof. dr. Budu, Sp.M (K)., M.Med.Ed., menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan sebagai penyelenggara. Tema kegiatan ini relevan dengan bidang kajian dari departemen yang cukup besar di FK Unhas, yakni obstetri dan ginekologi.

“Kita akan terus membangun kerja sama untuk penyelenggaraan kegiatan seperti ini. Selain membangun jaringan, juga diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dan pengetahuan terkait pokok pembahasan,” jelas Prof Budu.

Kegiatan resmi dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, Prof Dwia mengapresiasi kehadiran narasumber ahli pada kuliah umum ini. Dewasa ini, banyak persoalan serius menyangkut permasalahan ibu dan anak. Olehnya itu, perlu kajian dan penelitian terkini sebagai masukan dalam bidang kedokteran untuk menjawab permasalahan tersebut.

“Ditengah situasi pandemi ini, mobilitas ibu utamanya ibu hamil menjadi lebih terbatas, karena khawatir terpapar virus. Tidak hanya masalah layanan kesehatan, pemahaman masyarakat juga perlu diperhatikan. Saya percaya, akan banyak hal yang bisa diadopsi dari penjelasan narasumber nantinya,” jelas Prof Dwia.

Terkait:  Bupati Soppeng Beri Kuliah Perdana Program Pendidikan Vokasi Unhas

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Eva Suarthana, MD., Ph.D.

Dalam penjelasannya, Eva menyampaikan banyak hal terkait clinical research mulai dari membuat pertanyaan penelitian yang efektif, studi observasional dengan memberikan beberapa contoh penelitian.

Eva menuturkan clinical research bukan hanya mencakup uji klinis semata. Namun, lebih dari itu memuat berbagai desain studi dengan tujuan utama menjawab pertanyaan klinis, guna meningkatkan kualitas perawatan pasien. Dalam clinical research, health informatics juga memiliki peran penting sebagai dokumentasi data klinis.

“Untuk mendukung clinical research diperlukan unit penelitian untuk manajemen, pelatihan, konsultasi. Networking dan pendanaan yang proaktif juga memiliki peran penting,” jelas Eva.

Usai memaparkan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta yang terlibat. Kegiatan yang dipandu oleh Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA., M.Phil., DFM., berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa