Unhas terima Kunjungan Kerja Universitas Khairun Bahas Implementasi Program MBKM

Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Pendidikan menerima Kunjungan Kerja rombongan dari Universitas Khairun (Unkhair), Ternate, Maluku Utara, yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Suratman Sudjud S.P, M.P didampingi jajaran pimpinan fakultas Unkhair.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan penetapan protokol pencegahan Covid-19 di Ruang Rapat B Bidang Akadamik Lantai 7, Gedung Rektorat Unhas pada pukul 10.00 Wita, Kamis (04/11).

Dalam pertemuan tersebut, Universitas Khairun bermaksud melakukan Kunjungan Kerja dan Benchmarking Praktek Baik terkait Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Hasanuddin.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menyambut baik kedatangan sivitas akademika Universitas Khairun dalam rangka kerja sama peningkatan implementasi program MBKM. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Restu menyampaikan berbagai program capaian yang telah dilaksanakan di Universitas Hasanuddin melalui program MBKM.

“Pelaksanaan kebijakan MBKM di Unhas telah disesuaikan dengan beberapa kurikulum mata kuliah yang berkaitan dan dikonversi menjadi nilai SKS. Dalam mendukung program tersebut Unhas menghadirkan sistem informasi yang menjembatani program MBKM yang bekerja sama dengan Unhas melalui sistem perkuliahan Sipakatau,” jelas Prof. Restu.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Unhas Dr. Ida Leida M., SKM., M.KM., M.ScPH., memaparkan terkait pelaksanaan program MBKM Kemendikbud dan MBKM mandiri yang sedang berjalan di Unhas. Beliau menyampaikan bahwa indikator kinerja memacu para sivitas akademika Unhas untuk mengembangkan program MBKM dan dalam pelaksanaannya telah tertuang dalam SK Rektor serta disusun dalam buku panduan implementasi kebijakan Unhas.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unkhair, Dr. Suratman Sudjud S.P, M.P., mengutarakan bahwa capaian Unhas dalam menjalankan program MBKM sangat baik dengan menerapkan sistem informasi antar mahasiswa melalui Sistem Perkuliahan Merdeka Belajar Antar Universitas (Sipakatau). Dengan demikian Universitas Khairun ingin melakukan kerja sama dalam melakukan praktik peningkatan implementasi program MBKM untuk menarik minta mahasiswa dalam memberikan motivasi untuk menguasai berbagai bidang keilmuan yang dimiliki dengan memilih program yang sesuai.

Terkait:  Serah Terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Fakultas Hukum Unhas Masa Bakti 2022-2026

“Unkhair sangat mengapresiasi kinerja Unhas dalam menjalankan program MBKM, sehingga kami berharap dapat pula mengembangkan program tersebut dengan peningkatan sistem yang dimiliki yang sejalan dengan visi misi pembelajaran dan meningkatkan capaian SDM unggul yang siap memasuki dunia kerja,” jelas Dr. Suratman.

Dalam kunjungan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan diskusi pembahasan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Hasanuddin dan Universitas Khairun. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa