Unhas Terima 564 Mahasiswa Baru Pascasarjana untuk Tahun Akademik 2021/2022 Tahap 1

Universitas Hasanuddin menerima sebanyak 564 mahasiswa baru jenjang Pascasarjana pada proses seleksi tahap pertama untuk program magister dan doktor. Pengumuman hasil seleksi dapat diakses mulai pukul 16.00 Wita melalui portal http://regpmb.unhas.ac.id pada Kamis (11/11).

Melalui wawancara pada Kamis (11/11), Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menjelaskan penerimaan mahasiswa baru Pascasarjana pada tahap pertama merupakan tahap awal untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sudah siap memiliki kelengkapan berkas sesuai dengan persyaratan untuk mengikuti proses seleksi.

Mekanisme proses penerimaan dan tahapan seleksi mahasiswa baru jenjang pascasarjana semester 2020/2021 tidak mengalami perubahan dari semester sebelumnya. Penyelenggaraannya masih dilakukan secara online mulai dari pendaftaran administrasi berkas dan ujian seleksi.

“Untuk penerimaan tahap pertama ini kita hanya melakukan penerimaan mahasiswa pada program magister dan program doktor. Sedangkan untuk profesi dan spesialis akan dilakukan pada satu tahapan seleksi selanjutnya di tahap kedua,” jelas Prof. Restu.

Lebih lanjut, Prof. Restu menambahkan bahwa penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana tahap pertama ini diikuti oleh calon mahasiswa yang sangat bervariasi dengan jumlah pendaftar program magister kurang lebih 500 peserta dan untuk program doktor diikuti sekitar 100 peserta.

“Untuk pemenuhan kuota setiap program studi akan disesuaikan pada proses seleksi tahap pertama, jika di tahap ini beberapa program studi telah memenuhi jumlah kuota yang diinginkan, maka untuk gelombang selanjutnya tidak lagi menerima mahasiswa baru, begitu juga sebaliknya akan dimaksimalkan pada penerimaan gelombang berikutnya jika belum terpenuhi,” jelas Prof. Restu.

Pada akhir sesi wawancara, Prof. Restu menuturkan penerimaan mahasiswa pascasarjana program magister doktor setiap semester mengalami peningkatan jumlah pendaftar secara signifikan. Peningkatan ini dipengaruhi oleh kemudahan akses dalam melakukan proses pendaftaran dan seleksi yang masih dilakukan secara online.

Terkait:  Unhas Raih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian, Berturut-turut Selama Tiga Belas Tahun

Adapun rincian jumlah Pendaftar Tahap Satu Jenjang Pascasarjana Unhas, yakni

1. Program Magister
– Mengikuti Ujian: 514 Peserta
– Lolos Seleksi : 479 Peserta

2. Program Doktor
– Mengikuti Ujian : 99 peserta
– Lolos Seleksi : 85 Peserta. (*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa