Unhas Terima 10 Unit Alat Polymerase Chain Reaction dari PT. Langit Pandu Anugerah

Universitas Hasanuddin menerima sebanyak 10 unit Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari PT. Langit Pandu Anugerah kolaborasi MICO BIOMED Co.Ltd. Penyerahan berlangsung pukul 11.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (04/11).

Agus Cahyo Wirawan selaku Direktur PT. Langit Pandu Anugerah menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyerahan bantuan 10 unit PCR dimaksudkan sebagai komitmen untuk bersama-sama terlibat dalam peningkatan kesehatan masyarakat, utamanya dimasa pandemi Covid-19. Bantuan PCR telah didistribusikan di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia. PT. Langit Pandu Anugerah akan memberikan bantuan di seluruh Indonesia.

“Kami sudah banyak bekerja sama dengan universitas lainnya. Sekarang kami kolaborasi bersama Unhas dengan memberikan bantuan 10 unit PCR yang nantinya bisa didistribusikan pada sejumlah wilayah. Kami komitmen memberikan bantuan pada 200 institusi. Sejauh ini, sudah lebih dari 100 titik yang sudah tersalurkan. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat,” jelas Agus.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan terima kasih kepada PT. Langit Pandu Anugerah dan MICO BIOMED Co.Ltd karena mempercayakan Unhas sebagai mitra. Alat ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat secara meluas.

Lebih lanjut, Prof. Dwia memberikan apresiasi atas peran yang diberikan melalui penyaluran alat kesehatan. PCR akan digunakan untuk mengidentifikasi awal penyakit yang kemudian dapat dilakukan upaya pencegahan dan penanganan secara tepat.

“Sumbangan alat PCR tersebut bernilai 450 jutaan, dan kita menerima 10 Unit berarti nilainya mendekati 5 milyar. Kami mempunyai unit untuk penyakit tropis seperti laboratorium lapangan dan BSL-2 yang dapat dimanfaatkan. Kami sangat berharap kolaborasi bisa lebih luas dalam berbagai cakupan. Mari kita saling kolaborasi dan melengkapi dalam upaya mencegah penyakit utamanya penyakit tropis,” jelas Prof. Dwia.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Bahas Praktik Uji Klinis Bersama Narasumber Asal Jerman

Penyaluran 10 unit PCR PT. Langit Pandu Anugerah kolaborasi MICO BIOMED Co.Ltd kepada Unhas berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa