Unhas Terima 1.014 Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Tahun Akademik 2022/2023  Gelombang 2

Universitas Hasanuddin menerima sebanyak 1.014 mahasiswa baru jenjang Pascasarjana pada proses seleksi tahap kedua untuk program magister, doktor, profesi dan spesialis. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa telah diumumkan pada Jumat (17/06) dan dapat diakses melalui portal http://regpmb.unhas.ac.id.

Sebelumnya pada seleksi tahap pertama, Unhas telah menerima sebanyak 1.117 mahasiswa baru jenjang pascasarjana. Maka jumlah keseluruhan mahasiswa yang telah diterima sebanyak 2.131 orang.

Melalui wawancara pada Jumat (17/6), Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP., menyampaikan bahwa hasil pengumuman merupakan hasil dari proses tahap kedua bagi program magister dan doktor, sedangkan untuk program profesi dan spesialis hanya dibuka dalam satu tahap ini.

“Jumlah kuota mahasiswa yang diterima di tahap kedua adalah hasil dari penyesuaian pemenuhan jumlah kuota yang telah terpenuhi di tahap pertama, sehingga ada beberapa prodi yang tidak lagi menerima mahasiswa pada tahap kedua ini,” jelas Prof. Restu.

Lebih lanjut, Prof. Restu menuturkan bahwa dalam proses seleksi tahap kedua masih ada program studi yang belum memenuhi kualikasi mahasiswa, sehingga proses pendaftaran masih akan berpeluang dibuka pada tahap ketiga, yang diantaranya merupakan program studi yang baru dibuka di Unhas dan tidak membuka penerimaan mahasiswa baru pada gelombang pertama dan kedua ini.

“Ini pertama kali kita membuka pendaftaran hingga tahap ketiga, dan berpeluang dibuka sebelum memasuki tahun ajaran baru nantinya yang akan dimulai pada minggu ketiga bulan Agustus mendatang. Sehingga kita harapkan kepada lulusan yang baru saja mengikuti wisuda periode terakhir dapat berkesempatan melakukan pendaftaran di tahap ketiga,” jelas Prof. Restu.

Prof. Restu menambahkan bahwa peluang di tahap ketiga ini sebagai ruang fasilitas kepada para lulusan baru Unhas maupun dari perguruan tinggi lainnya untuk segera melanjutkan jenjang studinya. Di sisi lain dapat membantu universitas dalam memenuhi salah satu indikator kinerja utama dalam peningkatan jumlah mahasiswa yang melanjutkan studi.

Terkait:  Tim Peneliti dan Pengabdian Masyarakat Unhas Tanda Tangani Kontrak Internal Tahap Kedua Hibah Kemendikbudristek 2022

Sebagai penutup, Prof. Restu berharap untuk calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam hasil seleksi penerimaan program pascasarjana ini agar segera melakukan dan menyelesaikan proses registrasi secara administrasi untuk dapat melanjutkan registrasi akademiknya.

Diharapkan para mahasiswa juga memperhatikan aturan akademik yang berlaku guna memahami proses pelaksanaan perkuliahan dan proses pembelajaran yang akan dilakukan, sehingga nantinya tidak ada kendala yang dihadapi dan dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu.

Adapun rincian jumlah Pendaftar Tahap kedua Jenjang Pascasarjana Unhas, yakni:

1.Program Magister
Pendaftar : 466 peserta
Lulus : 434 peserta

2. Program Doktor
Pendaftar: 182 peserta
Lulus : 162 peserta

3. Sp-1 PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis).
Pendaftar: 685 peserta
Lulus : 223 peserta

4. Sp-1 PPDGS (Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis)
Pendaftar: 71 peserta
Lulus:  55

5. Sp-2 PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis)
Pendaftar : 12 peserta
Lulus : 12 peserta

6. Profesi Apoteker
Pendaftar: 602 peserta
Lulus: 121 peserta

7. Profesi Akuntan
Pendaftar: 8 Peserta
Lulus : 7 peserta
(*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa