Unhas Raih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian, Berturut-turut Selama Tiga Belas Tahun

Universitas Hasanuddin kembali berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik (KAP). Hal ini menunjukkan bahwa Unhas mempunyai tata kelola manajemen keuangan yang baik. Predikat WTP yang ketiga belas kalinya secara berturut turut tersebut secara langsung diberikan oleh Jojo Sunarjo beserta tim auditor independen Kantor Akuntan Publik.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Ir. Sumbangan Baja, M.Sc., menjelaskan setelah melalui proses audit terhadap manajemen dan tata kelola khususnya keuangan dan aset selama kurang lebih satu bulan lamanya, KAP kemudian memberikan hasil bahwa Unhas kembali meraih predikat WTP.

Lebih lanjut, Prof. Sumbangan menyampaikan proses pengelolaan keuangan Unhas berbasis peraturan, memiliki peta jalan (road map) yang jelas dan sistematis serta melibatkan seluruh unit kerja. Dalam penerapannya juga mendapatkan dukungan penuh dari pimpinan Unhas.

“Alhamdulillah Unhas kembali meraih WTP ke-13 dan ini secara berturut-turut kita raih. Predikat ini merupakan sebuah prestasi membanggakan bagi Unhas dan menjadi semangat untuk lebih baik. Hal ini tentunya menjadi bukti kolaborasi dan sinergitas yang baik dari seluruh sivitas akademika Unhas,” jelas Prof. Sumbangan.

Prof. Sumbangan menambahkan prestasi ini tidak diperoleh secara instan. Unhas sejak awal berkomitmen untuk menghadirkan manajemen keseharian sesuai standar, mulai dari sistem perencanaan hingga pelaporan. Proses tersebut berlangsung sistematis dan terarah.

KAP menjelaskan laporan keuangan yang dilampirkan Unhas menyajikan secara wajar dalam semua hal material, posisi keuangan PTN-BH Unhas Makassar serta kinerja keuangan dan arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal sesuai standar akuntansi keuangan di Indonesia.

KAP melaksanakan audit berdasarkan standar Institut Akuntan Publik Indonesia. Standar tersebut mengharuskan KAP mematuhi ketentuan etika serta merencanakan dan melaksanakan audit guna memperoleh keyakinan memadai tentang apakah laporan keuangan bebas dari kesalahan penyajian material.

Terkait:  Fakultas Kehutanan Unhas Gelar kuliah Umum oleh Narasumber Australia

Penyerahan laporan audit dilakukan secara langsung oleh Jojo Sunarjo beserta tim auditor independen Kantor Akuntan Publik kepada Rektor Unhas (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur bertempat di Ruang Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas pada Kamis (14/04) pukul 10.30 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa