Unhas Peringkat Pertama Nasional pada Empat Subyek Ilmu versi SCImago

Universitas Hasanuddin makin mengeksiskan diri sebagai perguruan tinggi papan atas di Indonesia, yang sedang bergerak pasti menembus peringkat dunia. Hal ini kembali dibuktikan dengan hasil pemeringkatan SCImago Institution Ranking (SIR) untuk tahun 2021, diumumkan beberapa waktu lalu melalui website https://www.scimagoir.com/

Secara umum, untuk akumulasi seluruh subyek ilmu, Unhas menempati posisi ke-3 nasional, posisi ke-230 Asia, dan ke-695 dunia. Unhas berada di bawah Universitas Indonesia dan UIN Sunan Gunung Djati.

SCImago membagi pemeringkatannya ke dalam 19 subyek. Unhas menempati peringkat terbaik di Indonesia untuk beberapa subyek ilmu, yaitu:

1. Earth and Planetary Science (Ilmu Bumi dan Planetari), Unhas peringkat 1 nasional dan 149 dunia.
2. Engineering (Teknik), Unhas peringkat 1 nasional dan 453 dunia.
3. Environmental Sciences (Ilmu Lingkungan Hidup), Unhas peringkat 1 nasional dan 192 dunia.
4. Mathematics (Matematika), Unhas peringkat 1 nasional dan 498 dunia.
5. Dentistry (Kedokteran Gigi), Unhas peringkat 2 nasional dan 277 dunia.
6. Physics and Astronomy (Fisika dan Astronomi), Unhas peringkat 4 nasional dan 417 dunia.
7. Veterinary (Kedokteran Hewan), Unhas peringkat 5 nasional dan 448 dunia.

SIR merupakan instrumen pemeringkatan terhadap lembaga akademik dan penelitian yang melihat keunggulan dalam tiga faktor utama, yaitu kinerja penelitian (dengan bobot 50% dengan 17 indikator), luaran inovasi (bobot 30% dengan 3 indikator), dan dampak sosial (bobot 20% dan terdiri atas 3 indikator).

Kepala Publication Management Center (PMC) Unhas, Muhammad Arsyad, Ph.D, menyebutkan bahwa capaian ini merupakan hal yang sangat membanggakan bagi Unhas. Akan tetapi dirinya berharap agar sivitas akademik tidak terlena dan lupa diri.

“Secara ranking keseluruhan Unhas berada di posisi ketiga nasional, akan tetapi dalam kalkulasi keseluruhan kita berada pada wilayah menengah atas atau upper middle part. Ada empat subyek yang kita sangat unggul, namun ada beberapa subyek yang juga kita mesti perkuat dan terus dorong,” kata Arsyad.

Terkait:  Halal bi Halal dan Peluncuran Dies Natalis ke-62 Fakultas Teknik Unhas

Dengan metode yang dikembangkan oleh SIR, maka suatu institusi harus menunjukkan keunggulan yang merata pada ketiga dimensi. Hal ini yang harus menjadi perhatian Unhas. Bagi Arsyad, yang penting adalah Unhas dapat terus menjaga tanggung jawab sosial dan terus menerus mengedepankan aspek kebermanfaatan untuk masyarakat dan pembangunan.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa dengan capaian ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada berbagai fakultas yang berada pada subyek ilmu tertentu.

“Ada beberapa subyek ilmu yang kita juga hampir mencapai posisi sempurna nasional, seperti Kedokteran Gigi yang berada di peringkat kedua, atau Fisika dan Astronomi yang berada di peringkat keempat nasional. Ini tentu dapat memacu juga subyek ilmu lainnya,” kata Suharman.

Analisis terhadap detail performa pada ketiga dimensi yang dikembangkan oleh SCImago, nampak bahwa Unhas memiliki keunggulan dalam bidang riset dan publikasi, dimana dimensi ini memiliki bobot yang dominan dalam persentail SIR.(*/ir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa