Unhas Panen Raya Bibit Sapi Bali di Maiwa Breeding Center Kabupaten Barru

Universitas Hasanuddin melalui Teaching Industry Pembibitan Sapi Maiwa Breeding Center (MBC) Fakultas Peternakan menyelenggarakan Panen Raya Bibit Sapi Bali. Kegiatan panen raya berlangsung di Puskeswan Pekkae, Kelurahan Lalolang, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, pada Kamis (10/11).

Panen Raya Bibit Sapi Bali di Kabupaten Barru dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) dan Pemerintah Kabupaten Barru untuk menghadirkan MBC sebagai suatu unit pengembangan sapi lokal.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi pangan akan semakin meningkat jika sejalan dengan pengetahuan terhadap proses pemeliharaan hewan ternak yang tepat. Dengan demikian, Unhas bersama Pemerintah Kabupaten Barru serta masyarakat pelaku usaha bekerja sama untuk menghasilkan kesejahteraan para peternak.

“Kami ingin kerja sama Unhas bersama tiga pemerintah kabupaten yang mengelola MBC yakni Enrekang, Soppeng, dan Barru dapat memberikan kebermanfaatan terhadap jiwa wirausaha para peternak, sehingga perekonomian dapat tumbuh pesat dan diharapkan dapat lebih dikembangkan dengan sistem pengelolaan ternak yang lebih besar,” jelas Prof. Dwia.

Dekan Fakultas Peternakan Unhas Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc., menyampaikan bahwa keberadaan MBC di Kabupaten Barru telah berkembang dengan pengelolaan sistem ternak yang sangat baik dalam meningkatkan produksi komoditas pangan unggul. Keberadaannya sangat dirasakan secara kuantitas oleh kemakmuran masyarakat khususnya pada pelaku usaha ternak.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., mengatakan keberhasilan dari hasil panen raya hari ini tidak terlepas atas dukungan dari berbagai pihak, salah satunya pada sektor pertanian dan peternakan dalam mengoptimalkan keterbatasan lahan yang berperan penting dalam mencukupi kebutuhan ternak.

Terkait:  Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN Program Sarjana, Magister, dan Doktor FKM Unhas Resmi Berakhir

“Para mitra yang bekerja sama saling bersinergi untuk memberikan kontribusi terbaik dalam mendukung MBC menjadi industri pengembangan dan pembibitan sapi di Sulawesi Selatan,” jelas Ir. Suardi.

MBC merupakan salah satu unit bisnis Fakultas Peternakan Unhas yang bergerak dibidang pembibitan sapi lokal dan telah melakukan kerja sama kemitraan dengan peternak di Kabupaten Barru.

Kerja sama tersebut meliputi pendampingan peternak, introduksi teknologi dan model bisnis. Pada tahun ini, kerja sama tersebut telah membuahkan hasil yakni kelahiran pedet sapi bali di sejumlah peternak mitra MBC. (*/dhs).

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa