Unhas Kerja Sama Direktorat Pariwisata Lakukan Bimtek Pendampingan Desa Wisata di Pangkep

Universitas Hasanuddin kerja sama Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif lakukan kegiatan bimbingan teknis untuk pengembangan desa wisata pada kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan. Kegiatan berlangsung pada 30 Oktober di Pulau Cambang Cambang dan Kelurahan Talaka, Kabupaten Pangkep.

Kegiatan ini mengusung konsep “Sapta Pesona”, sebuah pendekatan agar sadar wisata dengan dukungan peran serta masyarakat sebagai tuan rumah destinasi dalam upaya menciptakan linmgkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui 7 unsur yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

Bimbingan teknis kepada masyarakat melalui pemberian materi pendampingan untuk mengembangkan pariwisata pada daerah dampingan. Bimbingan teknis ini kemudian dilanjutkan dengan pendampingan langsung kepada masyarakat dalam mengembangkan pariwisata ramah lingkungan dan berkelanjutan di daerahnya.

Program edukasi dan pelatihan mencakup pembuatan kerajinan tangan berupa souvenir untuk diperjualbelikan bagi para wisatawan. Bahan baku pembuatan souvenir ini bisa didapatkan dari daerah pesisir dan laut seperti pengolahan cangkang kerang yang dapat dijadikan sebagai aksesoris dan lain sebagainya. Selain itu, juga dilakukan pembuatan makanan berbahan dasar perikanan seperti keripik ikan bandeng, keripik rumput laut. Produk-produk ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke Kelurahan Talaka untuk menikmati wisata mangrove.

Tidak hanya itu, masyarakat yang terlibat juga diberikan pelatihan terkait pengelolaan web, brosur, dan pamflet yang dapat bermanfaat untuk upaya promosi di berbagai jejaring media. Dengan berbagai kegiatan tersebut, diharapkan akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat lainnya. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Persiapan Pembukaan Prodi, Universitas Pattimura Ambon Studi Banding di Unhas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa