Unhas Kerja Sama Dinas Pariwisata Kabupaten Sinjai Berikan Pelatihan Selam Bagi Masyarakat

Universitas Hasanuddin kerja sama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menggelar pelatihan selam lanjutan (tingkat advanced) bagi masyarakat, pada Sabtu (31/10/20). Pelatihan tersebut sebagai bagian dari program pengembangan wisata bahari dan merupakan program lanjutan dari pelatihan yang dilaksanakan pada tahun 2019 yang mencakup pelatihan selam dasar serta pengetahuan terkait persiapan pemandu wisata selam.

Program tersebut terlaksana berdasarkan perhatian khusus oleh Pemerintah kabupaten Sinjai terhadap potensi dan pengembangan wisata bahari. Dengan demikian Universitas Hasanuddin hadir sebagai mitra pemerintah kabupaten dan berpartisipasi dalam upaya perwujudan rencana tersebut.

Pelatihan selam dihadiri secara antusias oleh 15 yang berasal dari utusan kecamatan pesisir serta komunitas yang tergabung dalam Triangle Diving Club (TRIDC) Sinjai dan Dr. Syafyudin Yusuf dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan turut hadir menjadi instruktur selam dalam kegiatan ini.

Dr. Syafyudin Yusuf mengatakan bahwa materi pada pelatihan lanjutan yang diberikan adalah materi pada level Advanced Scuba Diver dan mencakup materi pertolongan korban atau rescue permukaan air bagi korban tenggelam, rescue bawah air bagi korban di dasar laut, bongkar pasang alat selam dibawah air, menyelam di lokasi berarus dan penyelaman malam. Kegiatan ini dilaksanakan di Pulau Larea-Rea dan Pulau Kanalo, Kec. Pulau Sembilan, Kab. Sinjai.

Dalam proses pelaksanaan pelatihan selam, para peserta tidak hanya mendapatkan sertifikat kompetensi tetapi juga mendapatkan pengakuan dan kesempatan menjadi pemandu wisata bahari yang berkelanjutan di Kabupaten Sinjai.

Selain itu pelatihan ini telah mendorong partisipasi masyarakat dalam mendukung jasa usaha pariwisata dan meningkatkan nilai tambah untuk mendukung pengembangan wisata bahari yang berkelanjutan di Kabupaten Sinjai. (*/dhs)

Editor :  Ishaq Rahman, AMIPR

Terkait:  Puncak Perayaan Dies Natalis ke-70, Fakultas Hukum Unhas Resmikan Berbagai Fasilitas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa