Unhas Kembali Hadirkan Layanan Vaksinasi Bagi Mahasiswa dan Masyarakat Umum

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Kedokteran (FK) bekerja sama relawan vaksinasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan layanan vaksinasi Covid-19 yang dikhususkan bagi sivitas akademika Unhas dan juga terbuka untuk masyarakat umum.

Kegiatan berlangsung dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Student Center Fakultas Kedokteran Unhas, Kampus Tamalanrea dan dimulai sejak pukul 08.30 Wita pada Minggu (17/10).

Dalam pelaksanaan vaksinasi, panitia menyediakan sebanyak 1.000 vaksin jenis Sinovac dan juga tersedia 1.000 vaksin Pfizer yang masing-masing diperuntukkan untuk pemberian suntikan dosis pertama dan dosis kedua. Sebanyak 795 mahasiswa dan 205 masyarakat umum yang menerima vaksinasi hari ini.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK Unhas, dr. Firdaus Hamid, Ph.D., menuturkan layanan vaksinasi yang dihadirkan berawal dari persyaratan bagi mahasiswa pendidikan kedokteran untuk mengikuti OSCE (Objective Structured Clinical Examination) sebagai penilaian kompetensi klinik. Kemudian dilakukan evaluasi dengan kembali memberikan fasilitas bagi segenap sivitas akademika untuk mendorong pemenuhan target vaksinasi di lingkup Unhas.

“Awalnya kami peruntukkan untuk kebutuhan mahasiswa pendidikan dokter saja, namun kemudian kami ingin optimalkan dengan mendukung persiapan pembelajaran tatap muka mahasiswa untuk semester awal ini, sehingga dapat memenuhi persyaratan” jelas dr. Firdaus.

Tim medis yang bertugas sebagai vaksinator kali ini melibatkan Satgas Covid-19 Unhas dan Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan di lapangan juga melibatkan para relawan dari Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus FK Unhas.

Salah satu anggota Tim Bantuan Medis Calcaneus FK Unhas, Muh. Safwan Suyuti menjelaskan bahwa vaksinasi ini terwujud berkat kolaborasi Ketua Satgas Covis-19 Unhas, Prof. dr. Budu, Sp.M(K), Ph.D, M.MedEd dan Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Andi Asadul Islam, Sp.BS(K).

Terkait:  Unhas Gelar GUMSB Bahas Penataan Ilmu dan Ilmuwan Masa Depan

“Anggota TBM Calcaneus FK Unhas yang terlibat sebanyak 15 orang, selain itu kami juga melibatkan relawan sebagai tim medis dari beberapa mahasiswa kedokteran untuk memberikan pengalaman,” jelas Safwan.

Pelaksanaan vaksinasi FK Unhas mewajibkan peserta untuk memenuhi persyaratan dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) dan mengisi formulir skrining di lokasi vaksinasi serta memiliki akses aplikasi peduli lindungi.

Pemberian vaksinasi berlangsung lancar hingga pukul 16.30 Wita (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa