Unhas Hasilkan 1.031 Lulusan Baru Wisuda Periode I Tahap 2 TA 2021/2022

Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Wisuda Program Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk Periode I Tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 Wita, Rabu (01/09), yang diikuti oleh 1.031 wisudawan.

Pelaksanaan wisuda berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting, dan terhubung secara virtual melalui kanal YouTube Universitas Hasanuddin. Proses wisuda secara luring berlangsung di Baruga A.P. Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea, dengan penerapan protokol Covid-19. Prosesi ini dihadiri oleh perwakilan wisudawan terbaik setiap jenjang dan fakultas.

Turut hadir pula Majelis Wali Amanat (MWA), Ketua Senat Akademik, para Wakil Rektor, serta para Dekan di lingkup Unhas.

Dalam pidato sambutannya, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., mengucapkan selamat dan turut berbangga atas keberhasilan para wisudawan yang telah menyelesaikan studi dan kini menjadi alumni Unhas. Beliau juga menjelaskan capaian prestasi Unhas dalam beberapa bulan terakhir.

Unhas akan merayakan usia ke-65 pada bulan September tahun ini. Pada usia yang telah menuju kematangan ini, Unhas menghadapi berbagai dinamika dalam meraih prestasi yang sangat membanggakan, baik secara internasional maupun nasional.

Capaian prestasi di tingkat internasonal Unhas diantaranya dalam peeangkingan Times Higher Education (THE) Impact Ranking SDG’s, Unhas berada pada posisi 79 dunia, dan posisi 2 Indonesia. Unhas juga masuk dalam List Quaquarelli Symonds (QS) World University Ranking (1001-1200 dunia dan 8-12 Indonesia) dan perangkingan pada Scimago Institutions Rangking (695 dunia dan 3 Indonesia).

Lebih lanjut, Prof. Dwia mengatakan dalam bidang pendidikan Unhas berperan aktif pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Beberapa program tersebut seperti Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kampus Mengajar, International Students Mobility (IISMA) yang memberangkatkan mahasiswa Unhas ke berbagai universitas kelas dunia di Amerika, Inggris dan Finlandia dan lainnya.

Terkait:  Rangkaian Dies Natalis ke-65, Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat Terpadu di Kabupaten Takalar

“Sumber daya manusia yang dimiliki Unhas mempunyai kualifikasi ungggul, sebanyak 1.133 dosen telah bergelar doktor. Selain itu, Unhas juga memfasilitasi dosen untuk mencapai gelar akademik tertinggi yaitu profesor dengan capaian 16 professor di tahun 2021 (hingga Agustus) total professor saat ini sebanyak 305 orang,” jelas Prof. Dwia.

Pada tingkat nasional, Prof Dwia menuturkan Unhas mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Terdapat empat indikator pembangunan yang harus dipenuhi guna mewujudkan visi Indonesia Emas dibidang-bidang pembangunan manusia dan teknologi yaitu reformasi ketenagakerjaan, pemerataan pendidikan, peningkatan peran kebudayaan dalam pembangunan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, dan peningkatan sumbangsih ilmu pengetahuan maupun teknologi dalam pembangunan.

Wisudawan Universitas Hasanuddin Periode I tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022 menghasilkan sebanyak 1.031 wisudawan yang berasal dari 16 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana dengan rincian Jumlah lulusan setiap jenjang sebagai berikut :

– Program Sarjana, 699 wisudawan
– Program Profesi, 64 wisudawan
– Program Spesialis, 47 wisudawan
– Program Magister, 170 wisudawan
– Program Doktor, 51 wisudawan

Adapun rata-rata IPK dan lama masa studi lulusan terbaik sebagai berikut :

– Program Sarjana Eksakta, IPK 3.91 dengan masa studi 3 tahun 11 bulan dan Non Eksakta dengan IPK 3.98 untuk masa studi 3 tahub 11 bulan.

– Program Magister, IPK 4.0 dengan masa studi 1 tahun 0 bulan. Sementara itu, untuk Program Doktor IPK 3.98 dengan masa studi 2 tahun 5 bulan.

Rata-rata IPK dan lama masa studi masing-masing program adalah :

– Program Sarjana: IPK 3.55 untuk masa studi 4 tahun 10 bulan
– Program Profesi: IPK 3.58 dengan masa studi 4 tahun 7 bulan
– Program Spesialis: IPK 3.81 dengan masa studi 4 tahun 5 bulan
– Program Dokter Gigi Spesialis: IPK 3.88 untuk masa studi 2 tahun 11 bulan
– Program Magister: IPK 3.89 dengan masa studi 2 tahun 7 bulan
– Program Doktor: IPK 3.93 untuk masa studi 3 tahun 6 bulan

Terkait:  Ziarah ke Makam Sultan Hasanuddin dan Pekuburan Unhas Pattene

Rincian setiap fakultas untuk periode ini sebagai berikut:

– Fakultas Kesehatan Masyarakat, 70 wisudawan,
-.Fakultas Peternakan, 56 wisudawan
– Fakultas Pertanian, 99 wisudawan
– Fakultas MIPA, 77 wisudawan
– Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, 56 wisudawan
– Fakultas Hukum, 92 wisudawan
– Fakultas Teknik, 112 wisudawan
– Sekolah Pascasarjana, 43 wisudawan
– Fakultas Ilmu Budaya, 67 wisudawan
– Fakultas Kedokteran Gigi, 39 wisudawan
– Fakultas Kehutanan, 42 wisudawan
– Fakultas ISIPOL, 86 wisudawan
– Fakultas Farmasi, 13 wisudawan
– Fakultas Kedokteran, 114 wisudawan
– Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 43 wisudawan
– Fakultas Keperawatan, 42 wisudawan.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa