Unhas Hadirkan Ruang Dialog bersama Mahasiswa, Upaya Perkuat Sinergitas Kemahasiswaan

Universitas Hasanuddin melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof.drg. Muh. Ruslin, M.Kes., PhD., Sp.BM (K)., menyelenggarakan dialog kemahasiswaan bersama para lembaga kemahasiswaan lingkup Unhas. Kegiatan yang diinisiasi oleh Senat Mahasiswa Fakultas Teknik tersebut berlangsung pada Fakultas Teknik, Kampus Gowa pada Rabu (03/08).

Turut hadir Abdullah Sanusi, SE.,MBA.,Ph.D., (Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir), Kepala Sub Direktorat Kemahasiswaan, serta jajaran pimpinan di lingkup FT Unhas.

Dalam kesempatan tersebut, Prof.drg. Muh. Ruslin, M.Kes., PhD., Sp.BM (K)., berkesempatan berdisikusi dan mengajak para pengurus lembaga kemahasiswaan untuk bersinergi dan mengkomunikasikan setiap ide juga kendala dalam dunia kemahasiswaan.

Prof. Ruslin menjelaskan sebagai bagian dari Organisasi dan Tata Kelola (OTK) yang baru, bidang kemahasiswaan saat bergabung dengan bidang akademik. Hal ini tentu menunjukkan bahwa kemahasiswaan tidak terpisahkan dari akademik. Dengan demikian, diharapkan OTK baru tersebut bisa membantu mahasiswa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

“Masalah yang banyak dihadapi oleh mahasiswa berkaitan dengan faktor akademik, seperti masalah DO hingga perubahan kurikulum. Dengan penggabungan ini bisa diselesaikan lebih cepat. Ke depan dengan penggabungan ini kami akan lebih mengoptimalkan perhatian terhadap peningkatan kualitas layanan akademik yang terus ditingkatkan dan diperbaiki,” jelas Prof. Ruslin.

Lebih lanjut, Prof. Ruslin juga menekankan pentingnya strategis lembaga kemahasiswaan sebagai bagian dari upaya mahasiswa membangun karakter yang baik, percaya diri, dan semangat kolaborasi. Untuk itu, Prof. Ruslin meminta agar pengurus lembaga diberikan dukungan bagi pengembangan kapasitas pengurus dan anggota.

Setelah memberikan pengantar, kemudian dilanjutkan dengan sesi dialog bersama para mahasiswa. Ahmad yang merupakan perwakilan BEM FIKP menyampaikan dialog seperti ini harus sering dilakukan. Dirinya mengharapkan dialog yang konstruktif serta transparan dapat terus dilakukan. Ini menjadi penting sebagai komunikasi antara mahasiswa dengan birokrat untuk membangun hubungan yang lebih kuat.

Terkait:  Fakultas Vokasi Unhas Gelar Sosialisasi Program Alih Jenjang di Dua Prodi Vokasi Kab. Sidrap

Beberapa pengurus lembaga kemahasiswaan lainnya turut memberikan pertanyaan dan saran berkaitan dengan terkait ide kemahasiswaan dan kendala pada lembaga kemahasiswaan dan dunia kemahasiswaan. Secara umum, mereka berharap dukungan tidak hanya kepada mereka yang aktif mengikuti lomba. Akan tetapi, juga pada kegiatan pengembangan kapasitas dan pengkaderan.

Kegiatan yang dipandu oleh Syaiful (Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik) selaku moderator berlangsung lancar dan berakhir pukul 13.00 Wita. (*/mhs/mir)

Editor : Supratman

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa