Unhas Gelar Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri pada 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan

Dalam rangka memaksimalkan sekaligus menyukseskan penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, Bidang Akademik Universitas Hasanuddin menggelar sosialisasi pada 24 Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting berlangsung pada Senin dan Selasa (17/1 dan 18/1), mulai pukul 09.00 Wita.

Proses masuk Perguruan Tinggi Negeri berlangsung melalui tiga jalur, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Mandiri. Sosialisasi ini dimaksudkan untuk memastikan agar pihak sekolah dan siswa memahami proses pada masing-masing tahapan dan jalur masuk.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP, menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan memberi informasi lengkap dan komprehensif kepada pihak sekolah dan siswa-siswa calon pendaftar mengenai mekanisme pendaftaran, baik pada jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Jalur Mandiri di Unhas.

“Kita ingin memastikan pihak-pihak yang terkait, terutama pihak sekolah dan siswa calon pendaftar, memahami prosesnya. Ini penting sehingga dapat meminimalkan kegagalan akibat ketidaktahuan proses terutama pembuatan akun LTMPT. Mudah-mudahan tahun ini para calon pendaftar dimudahkan untuk melalui berbagai proses seleksi dan bisa menjadi bagian dari Unhas,” jelas Prof. Restu.

Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2022 yang digelar oleh Universitas Hasanuddin terbagi dalam beberapa sesi. Pada hari pertama, kegiatan sosialisasi diikuti oleh hampir 2.000 peserta dari 16 Kabupaten di Sulsel yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Teknisi dan Operator IT Sekolah hingga siswa-siswa yang dipilih oleh masing-masing sekolah. Pada hari kedua pelaksanaan sosialisasi, ada 8 Kabupaten/Kota yang mengikuti, terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pagi dan siang.

Sebagaimana tahun sebelumnya, proses seleksi masuk perguruan tinggi diawali dengan pembuatan akun LTMPT. Setiap calon pendaftar, baik Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri di Unhas harus memiliki akun LTMPT ini. Masa pembuatan akun LTMPT bagi siswa yang akan mengikuti SNMPTN adalah tanggal 10 Januari hingga 15 Februari 2022. Sementara bagi siswa yang akan mengikuti SBMPTN adalah tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

Terkait:  SDGs Center Unhas dan The Conversation Selenggarakan Workshop Kepenulisan Artikel Media Massa

Bagi siswa yang akan mengikuti seleksi melalui Jalur Mandiri di Unhas, wajib mempunyai akun LTMPT ini, sebab siswa bersangkutan terlebih dahulu harus mengikuti SBMPTN atau mempunyai nilai UTBK. Lulusan SMA yang dapat mendaftar adalah lulusan tiga tahun terakhir, yaitu 2020, 2021, dan 2022.

Para calon pendaftar dan pihak sekolah juga dihimbau untuk selalu merujuk pada informasi resmi yang berasal dari LTMPT atau universitas negeri penyelenggara seleksi masuk.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa