Unhas Gelar Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN pada 24 Kabupaten dan Kota se-Sulsel

Universitas Hasanuddin menggelar sosialisasi seleksi masuk perguruan tinggi negeri, terutama untuk Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. Penerimaan Jalur SNMPTN dan SBMPTN dikelola oleh Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sosialisais berlangsung tanggal 28 dan 29 Januari 2021, secara virtual melalui platform zoom meeting. Secara teknis, sosialisasi terbagi dalam 7 sesi zoom meeting. Masing-masing sesi zoom dipandu oleh seorang moderator dan narasumber yang berasal dari Tim Sosialisasi Bidang Akademik Universitas Hasanuddin.

Dalam pengantarnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Muhammad Jufri, S.Psi, M.Psi menjelaskan bahawa dirinya menyambut baik kegiatan ini. Hal ini sesuai salah satu dengan visi pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, untuk meningkatkan angka lulusan SMA yang diterima pada perguruan tinggi negeri.

“Kegiatan adalah program yang sangat kita butuhkan. Saya atas nama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan berterima kasih kepada Ibu Rektor yang mengundang pihak kami untuk terlibat dalam sosialisasi ini,” kata Prof. Jufri.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP, menyampaikan apresiasi atas dukungan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan dalam kegiatan sosialisasi ini. Kehadiran unsur-unsur pendidikan menengah atas dari berbagai daerah, diharapkan dapat menerima informasi yang terbaru mengenai proses seleksi.

“Kita terus melakukan evaluasi proses ini. Tahun lalu, ada banyak peserta yang gagal untuk mendaftar karena ketidaktahuan tentang pembuatan akun LTMPT. Ada juga yang tidak menyelesaikan proses registrasi. Mudah-mudahan tahun ini masalah-masalah seperti itu tidak lagi kita alami,” kata Prof. Restu.

Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2021 yang digelar oleh Universitas Hasanuddin terbagi dalam beberapa sesi. Pada hari pertama, kegiatan sosialisasi diikuti oleh hampir 1.000 peserta, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Teknisi dan Operator IT Sekolah, dan siswa-siswa yang dipilih oleh sekolah.

Terkait:  Webinar diaspora Series 18: Teknologi Pangan Berbasis Sumber Daya Peternakan

Jadwal Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2021 oleh Universitas Hasanuddin

Untuk hari pertama (28 Januari 2021), pembagian zoom room terbagi atas empat sesi zoom, yaitu:

Pukul 09.00 – 12.00 Wita:
Zoom 1: Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Kota Parepare.
Zoom 2: Kabupaten Sidrap, Soppeng, Wajo, dan Bone

Pukul 13.30 – 15.30 Wita:
Zoom 1: Kabupaten Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara
Zoom 2: Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo

Selanjutnya untuk esok hari (29 Januari 2021), kegiatan terdiri dari tiga zoom room, dengan pembagian, yaitu:

Pukul 09.00 – 12.00 Wita:
Zoom 1: Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.
Zoom 2: Kabupaten Bulukumba, Selayar, dan Sinjai.

Pukul 13.30 – 15.00 Wita:
Zoom 1: Kota Makasar.

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa