Unhas Gelar Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa ke Universitas Kanazawa Jepang

Universitas Hasanuddin melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menyelenggarakan sosialisasi bertajuk “Info Session: Kanazawa University Exchange Program (KUEP) Autumn 2022”. Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, pada Senin (31/01).

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala KUI Unhas, Karmila Mokoginta, S.S., M.A. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadirkan dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait program pertukaran internasional yang diperuntukkan bagi dosen dan mahasiswa.

“Program ini merupakan salah satu keistimewan bagi Unhas yang telah menjadi mitra untuk menjalin kerja sama dengan Kanazawa University. Informasi ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif. Melalui kegiatan ini para mahasiswa berkesempatan mengambil bagian untuk terlibat,” jelas Karmila.

Kegiatan kemudian dilanjutkan oleh Sekretaris KUI, Nurul Ichsani, S.Sos., M.I.Kom., yang memberikan penjelasan detail terkait program yang ditawarkan Kanazawa University Exchange Program (KUEP) 2022.

Kanazawa University menawarkan dua pilihan program, yakni (1) Kanazawa University Exchange Program (KUEP), dan Kanazawa University Online Exchange Program (KUEP Online) yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan menjalankan status sebagai Special Auditor yakni mahasiwa tingkat sarjana dan mahasiswa tingkat pascasarjana yang ingin memperoleh kredit dengan mengambil mata kuliah yang ditawarkan oleh Kanazawa University . Sedangkan, Special Research Student berlaku untuk mahasiswa pascasarjana yang ingin melakukan penelitian dengan tidak mengambil kredit mata kuliah.

“Mahasiwa Unhas yang berkesempatan mengikuti program ini diberikan maksimal kuota sebanyak 10% dari jumlah keseluruhan mahasiwa yang akan diterima di Kanazawa University, sehingga peluang ini cukup besar,” jelas Nurul Ichsani.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa untuk mengikuti proses perkuliahan secara maksimal, maka mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam berbahasa Jepang dan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar yang akan diterima.

Terkait:  Fakultas MIPA Unhas Gelar Konferensi Internasional ke-5, Hadirkan Pakar dari Lima Negara

Bagi pelamar yang tertarik, batas waktu pelamaran diri untuk program KUEP akan berakhir pada 28 Februari dan pemberitahuan hasil seleksi akan diumumkan pada bulan Mei. Sedangkan pada program KUEP Online memiliki batas akhir pendaftaran pada 30 Juni dan pengumuman seleksi di bulan Agustus.

Masa studi di luar negeri program KUEP akan dimulai pada bulan Oktober 2022- Maret 2023 atau pada periode semester di bulan Oktober 2022- September 2023, sedangkan KUEP Online akan berlangsung pada Oktober 2022- Maret 2021 atau Oktober 2022- Desember 2022.

Tahapan awal akan dilakukan dengan sistem nominasi yang dilakukan oleh Unhas dalam hal ini pihak KUI. Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program tersebut dapat mengunjungi langsung Kantor Urusan Internasional Unhas yang berada di Lt.6 Gedung Rektorat Unhas.

Setelah penjelasan program, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dan berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita.(*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa