Unhas Gelar Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa di Universitas Saga Jepang

Universitas Hasanuddin melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menyelenggarakan sosialisasi bertajuk “Info Session: Saga University Exchange Program (SPACE) Fall 2021”. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (12/02).

Kepala KUI Karmila Mokoginta, S.S., M.A., menyampaikan bahwa pelaksanaan ini bertujuan memberikan informasi mengenai program kerja sama Unhas dan Saga University, Jepang melalui pertukaran mahasiswa. Diharapkan, melalui kegiatan ini mahasiswa yang tertarik dapat mengikuti dan telah mengetahui secara jelas terkait exchange program yang ditawarkan.

Setelah memberikan sambutan singkat, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai exchange program yang dijelaskan secara lebih detail oleh Sekretaris KUI, Nurul Ichsani, S.Sos., M.I.Kom.,

Saga University Exchange program menawarkan 6 pilihan kategori. Salah satunya program Space-E yang dalam pelaksanaannya menggunakan bahasa Inggris dan dikhususkan untuk mahasiswa sarjana. Sementara General Exchange Student diikuti mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang dapat mengambil hampir semua mata pelajaran dalam bahasa Jepang. Juga ada Space – Arita yang nantinya mahasiswa mendapatkan pelajaran dalam bahasa Inggris. Program ini hanya untuk mahasiswa sarjana dan difokuskan pada bidang produksi porselen.

“Tidak hanya itu ada juga program Space-Econ, Space-SE dan program yang khusus melakukan riset. Setiap program yang ditawarkan memiliki sistem dan kriteria tertentu dengan dua tahapan awal yakni sistem nominasi yang dilakukan oleh Unhas dalam hal ini pihak KUI pada 1 April 2021, setelah dinominasikan kemudian mengirimkan dokumen terkait dari mahasiswa selambat lambatnya 15 April,” jelas Nurul.

Terkait persyaratan, Nurul menyampaikan pelamar harus terdaftar sebagai mahasiswa sarjana ataupun pascasarjana di Universitas asal yang telah melakukan kerja sama dengan Saga University. Untuk 6 program yang tersedia ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi, misalnya bagi pelamar Space-E yang harus menyelesaikan setidaknya dua tahun studi di institusi asal.

Terkait:  Juru Bicara Presiden Kunjungi Vaksinasi Batch 3 Untuk Mahasiswa dan Alumni Unhas

Pelamar untuk program research student sebelumnya telah menghubungi profesor dari Universitas Saga dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan dosen.

Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program tersebut dan ingin mengetahui secara mendetail dapat melihat di website http://www.irdc.saga-u.ac.jp/en/interest/space.html atau mengunjungi langsung Kantor Urusan Internasional Unhas yang berada di Lt.6 Gedung Rektorat Unhas.

Setelah menjelaskan secara keseluruhan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dari peserta yang terlibat. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 50 peserta berlangsung lancar hingga pukul 10.30 Wita.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa