Unhas Gelar Sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Pendidikan menyelanggarakan Sosialisasi Program-Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 13.00 WITA secara daring melalui platform zoom meeting, Senin (7/2).

Mengawali kegiatan, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Pendidikan Unhas, Makkarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D., menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan program MBKM pada semester ganjil lalu telah memberikan banyak pengalaman.

Beberapa hal yang menjadi perhatian terkait penyesuaian penyetaraan kredit beban studi mahasiswa. Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat menemukan solusi bersama dalam memaksimalkan seluruh program MKBM Unhas.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Unhas Dr. Ida Leida M., SKM., M.KM., M.ScPH., memaparkan mengenai pelaksanaan program MBKM Kemendikbud dan MBKM mandiri yang telah mendapat penyetaraan dan pengakuan Satuan kredit semester (SKS) di Unhas. Adapun program yang ditawarkan tersebut, yakni

1.Program MBKM Kemendikbud

– Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
– Kampus Mengajar
– Magang Studi/Independen

2. MBKM Mandiri

– Sasrabahu
– Permata Merdeka
– Magang Bangkit
– Magang Bank Indonesia
– Magang Indosat
– Konsorsium Merdeka Belajar Keilmuan Prodi (Magang Bersertifikat Lainnya)

Lebih lanjut, Dr. Ida Leida menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan program MBKM berkaitan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki 8 indikator kesuksesan, antara lain lulusan mendapatkan pekerjaan yang lebih layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di luar kampus, dan indikator lainnya yang dapat menghasilkan SDM unggul berkompeten.

Kompenen terpenting dalam menyukseskan program MBKM adalah mahasiswa berkonsultasi terlebih dahulu bersama dosen pembimbing akademik terkait pemilihan kredit beban studi yang akan dipilih.

“Proses pendaftaran MBKM bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam kelengkapan dokumen akan melanjutkan pada pendaftaran program melalui laman SIPAKATAU, kemudian diberikan akses ke laman SIKOLA dan akan diberikan penilaian oleh dosen di Neosia,” jelas Dr. Ida Leida.

Terkait:  Unhas dan PT KAI Berkomitmen Kembangkan Transportasi Kereta Api di Sulawesi Selatan

Informasi lebih lanjut terkait pendaftaran dan pelaksanaan Program MBKM dapat menghubungi melalui email akademik@unhas.ac.id atau laman website akademik.unhas.ac.id

Setalah pemaparan pengenalan program MBKM, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama para dosen program studi dan diikuti oleh kurang lebih 150 peserta. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa