Unhas Gelar Sosialisasi Program MBKM Indonesian International Student Mobility Awards Batch 2

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Akademik menyelenggarakan sosialisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Batch 2. Kegiatan berlangsung mulai pukul 14.15 Wita secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (15/03).

Hadir sebagai narasumber yakni Direktur Pendidikan/PIC MBKM Unhas (Dr. Ida Leida M, SKM., MKM., MScPH) dan Kepala KUI/Koordinator IISMA Unhas (Karmila Mokoginta, S.S., M.Hum., M.Arts).

Dr. Ida menjelaskan IISMA merupakan program beasiswa pemerintah Indonesia bagi mahasiswa program sarjana untuk belajar di universitas luar negeri terbaik dari seluruh dunia selama satu semester. Program ini bagian dari MBKM yang diselenggarakan oleh Kemendikbud bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).  Penerima beasiswa akan mendapatkan hibah berupa biaya hidup, asuransi, tiket pesawat dan pengurusan visa.

Lebih lanjut, beliau juga memberikan gambaran mengenai beberapa keuntungan yang didapatkan ketika mengikuti program tersebut. Melalui IISMA akan membuka peluang para mahasiswa meningkatkan pengetahuan dan menambah pengalaman belajar. Juga akan mendorong jejaring internasional yang lebih luas.

“Ada beberapa tahapan seleksi yang dilakukan, salah satunya kelengkapan persyaratan dokumen yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar,” jelas Dr. Ida.

Materi lainnya disampaikan oleh Karmila Mokoginta yang secara umum menjelaskan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan para calon pendaftar. Salah satunya adalah menyiapkan esai yang menggambarkan motivasi yang kuat.

Pada proses pendaftaran, mahasiswa mengupload dokumen melalui laman Sipakatau (https://sipakatau.unhas.ac.id/). Aplikasi ini terintegrasi, dimana mahasiswa dapat mengetahui statusnya pada program MBKM.

Setelah pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan sharing session yang menghadirkan Nurul Habaib (Peserta IISMA 2021), membagikan kisah dan pengalaman mengikuti program IISMA.

Seluruh rangkaian sosialisasi IISMA batch 2 yang dimoderatori oleh Makarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D (Kasubdit Pengembangan Pendidikan Unhas) berlangsung lancar hingga pukul 16.00 Wita. (/mir).

Terkait:  Jelang Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022, Kesiapan Unhas Mendekati Maksimal

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa