Unhas Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Mahasiswa Wirausaha Program KMMI

Universitas Hasanuddin melalui Bagian Akademik menyelenggarakan sosialisasi penyelenggaraan Mahasiswa Wirausaha pada Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Sosialisasi berlangsung mulai pukul 14.30 Wita secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (23/07).

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, M.P., menjelaskan KMMI merupakan program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus sebagai upaya mendukung generasi muda berkualitas.

Melalui program KMMI, Unhas mendapatkan kepercayaan dari kementerian menyelenggarakan kegiatan dengan fokus utama tentang wirausaha yang melibatkan kurang lebih 400 mahasiswa Unhas maupun Perguruan Tinggi luar kampus asal.

“KMMI menjadi bagian untuk memberikan keterampilan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki dalam bidang kewirausahaan. Kami berharap, program ini berjalan dengan baik serta akan tetap ditindaklanjuti untuk mengetahui sejauh mana peserta memperoleh manfaat dari adanya program tersebut,” jelas Prof. Restu.

Pada kesempatan yang sama, Makarennu, S.Hut., M.Si., Ph.D., sebagai Kasubdit Pengembangan Pendidikan Unhas menjelaskan KMMI hadir dengan tujuan sebagai alternatif pembelajaran yang lebih dinamis, kompetitif, yang didorong oleh permintaan memperoleh pengetahuan serta kompetensi yang diperlukan dalam berbagai bidang keilmuan. Tidak hanya itu, juga menjadi media penghubung antara Perguruan Tinggi, dunia kerja serta industri.

Untuk Unhas sendiri, program KMMI berfokus pada bidang Kewirausahaan dengan mengusung tema “Wirausaha Millenial Berbasis Sumberdaya Alam Dengan Semangat Kemaritiman”. Dengam tema ini, diharapkan mampu meningkatkan jaringan lebih luas bersama mitra atau wirausahawan sekaligus mengembangkan ide-ide serta peluang bisnis melalui keterampilan managerial dan manajemen bisnis mahasiswa.

Rencana pembelajaran Program Mahasiswa Wirausaha Unhas dalam KMMI akan mempelajari definisi karakter dan ciri wirausaha untuk diimplementasikan kedalam ciri wirausaha yang dimiliki mahasiswa, mengenal bentuk motivasi guna mendorong terbangunnya kreatifitas serta inovasi melalui pendekatan studi kasus yang bermanfaat pada pengetahuan juga keterampilan untuk memulai suatu pengelolaan bisnis sesuai kebutuhan pasar yang dituangkan dalam bentuk Business Model Canvas (BMC).

Terkait:  Rapat Pembukaan Dokumen Tender Medical Equipment Tahap Kedua RS Unhas

“Manfaat langsung yang diterima mahasiswa dengan bergabung pada program tersebut seperti memperoleh bantuan biaya praktik dan atau tugas mandiri mahasiswa. Tidak hanya itu, juga mendapatkan recognize maksimal tiga SKS yang dapat disetarakan dengan MK kewirausahaan pada masing-masing prodi. Paling penting menambah kemampuan kewirausahaan dengan mentoring gratis dari para dosen maupun mitra kerja sama Unhas,” ungkap Makarennu.

Bagi mahasiswa yang ingin bergabung dalam Program Mahasiswa Wirausaha KMMI Unhas dapat melihat info lengkap pada laman https ://sipakatau.unhas.ac.id. Proses pendaftaran telah dibuka sejak Senin (19/07) hingga 28 Juli 2021 mendatang. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa