Unhas Gelar Sosialisasi Dana Penelitian Kolaborasi Internasional RISPRO-UKICIS

Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Riset, Inovasi dan Kemitraan menyelenggarakan sosialisasi Dana Penelitian Kolaborasi Internasional RISPRO UKICIS. Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (12/04).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Berry Juliandi, S.Si., M.Si., (Ketua Panel Ahli dan Tim Teknis RISPRO-UKICIS), Prof. Dr. Ir. jamaluddin Jompa, M.Sc., (Dekan Sekolah Pasca Sarjana Unhas).

Kegiatan resmi dibuka oleh Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK., selaku Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan. Prof. Nasrum menjelaskan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada para peneliti Unhas terkait skema dana penelitian kolaborasi internasional RISPRO-UKICIS. Diharapkan para peneliti Unhas bisa lebih aktif membangun kolaborasi dan publikasi dengan memanfaatkan dana riset ini.

“Tahun ini target artikel kurang lebih 2.500 yang harus disubmit pada jurnal bereputasi. Sementara itu, pendanaan internal Unhas terbatas. Dengan sosialisasi ini kita harapkan banyak peneliti Unhas bisa mendapatkan grant dan membina kolaborasi untuk menghasilkan proposal riset berkualitas yang berdampak pada reputasi akademik,” jelas Prof. Nasrum.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dua narasumber. Materi awal dijelaskan oleh Dr. Berry terkait “Program Pendanaan Riset Inovatif, Produktif Mandatori Bertema UK – Indonesia Consortium for interdisciplinary Sciences”. Beliau menjelaskan RISPRO-UKICIS merupakan skema pendanaan bagi peneliti Indonesia yang ingin melakukan kerja sama riset dengan perguruan tinggi terbaik di UK.

Para peneliti memperoleh pendanaan sebesar Rp 44 milyar (USD 3 juta) yang digunakan untuk menguatkan riset nasional pada lima bidang yakni Green Economy, Blue Economy, Digital Technology, Health, dan Tourism selama empat tahun. RISPRO UKICIS dapat diakses oleh perguruan tinggi di Indonesia, baik yang berafiliasi dengan UKICIS maupun tidak.

Terkait:  Unhas Gelar Workshop Total Quality Service Expert Batch II Bagi Dosen Tetap Non PNS

“Skema pendanaan ini diharapkan dapat menghasilkan artikel ilmiah bereputasi internasional terindeks scopus dengan schimago journal rank Q1. Juga ada produk relevan yang sesuai dengan penelitian. Hadirnya RISPRO UKICIS sebagai bentuk komitmen pemerintah dapat mendukung intensifikasi kerja sama riset,” jelas Dr. Berry.

Materi lainnya juga disampaikan oleh Prof. Jamaluddin Jompa yang secara umum menjelaskan penelitian kolaborasi yang dilakukan. Beliau memandang, RISPRO UKICIS menjadi jalan untuk membangun kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi.

Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Irmawati, S.Pi., M.Si., (Dosen FIKP Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 100 peserta yang didominasi oleh para periset Unhas berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa