Unhas Gelar Rapat Persiapan Peluncuran Science Techno Park

Science and Techno Park Universitas Hasanuddin akan segera dilluncurkan pada Jum’at (9/4) mendatang. Menurut rencana, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan meluncurkan secara resmi.

Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, jajaran pimpinan Unhas menggelar rapat persiappan, berlangsung mulai pukul 14.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Rapat A, Lt. 4 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (31/03).

Direktur Komunikasi Unhas Ir. Suharman Hamzah, Ph.D., menyampaikan bahwa pada momentum peluncuran Unhas Science Techno Park tersebut akan digelar mini pameran berbagai produk inovasi Unhas. Untuk itu, Suharman meminta agar seluruh unit kerja, terutama fakultas, dapat mempersiapkan produk inovasinya baik yang  terhilirisasi maupun dalam proses hilirisasi.

Suharman juga berharap agar unit kerja terkait dapat saling koordinasi guna mempersiapkan hal yang diperlukan agar kegiatan ini terlaksana optimal.

“Alhamdullah Pak Menteri punya waktu luang untuk Unhas pada hari tersebut. Jadi, ini harus benar-benar kita manfaatkan. Kami membutuhkan peran aktif semua unit kerja yang terlibat,” jelas Suharman.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. dr. Wardihan Sinrang, MS., selaku Direktur STP Unhas menjelaskan beberapa agenda tersusun untuk kegiatan launching. Dalam arahannya, beliau menuturkan kehadiran STP Unhas akan menjadi penghubung dari para pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, industri hingga masyarakat.

Prof Wardihan menekankan bagaimana kedepan agar manajemen STP Unhas mampu mewujudkan kawasan yang diorganisasikan secara profesional. Kehadiran kawasan ini akan bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan melalui pendayagunaan iptek dan budaya inovasi yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis dan pendidikan serta sejalan dengan citra Unhas sebagai kampus communiversity dan humaniversity.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur, Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D., menambahkan Unhas  sudah sejak lama mempersiapkan kehadiran STP. Berbagai langkah strategis terus dimaksimalkan untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan berdirinya STP.

Terkait:  Terima Sertifikat Akreditasi dari BPJPH, Unhas Resmi Menjadi Lembaga Pemeriksa Halal

“Peluncuran Science Techno Park ini akan semakin mendorong semangat dan motivasi dalam berkontribusi dan mengelola inovasi secara baik. Kami berharap agar seluruh produk inovasi dapat ditampilkan untuk menunjukkan keseriusan Unhas dalam pendirian tersebut,” kata Prof Sumbangan.

Rapat dilanjutkan dengan sesi diskusi dari peserta rapat yang dihadiri oleh para dekan, direktur dan kepala biro di lingkungan Unhas.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa