Unhas Gelar Penerimaan Bagi 13 Mahasiswa Baru PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi

Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menyelenggarakan acara penyambutan bagi 13 mahasiswa baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi.

Kegiatan berlangsung pukul 13.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Pusat Jantung Terpadu Cardiac Centre Lantai 7, Rumah Sakit Wahidin dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Senin (01/03).

Mengawali kegiatan, Kepala Departemen Pulmonologi Dr. dr. Nur Ahmad Tabri, Sp.PD K-P, Sp.P (K)., menyampaikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru PPDS. Beliau menuturkan, setiap tahunnya jumlah pendaftar pada departemen terus meningkat. Hingga saat ini, departemen pulmonologi telah mendidik 53 orang peserta.

Lebih lanjut, dr. Ahmad Tabri juga memberikan gambaran singkat terkait profil departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi yang mulai berdiri sejak 16 Februari 2016 melalui Surat Keputusan Kemenristekdikti Nomor 103/KPT/1/2016. Dirinya berharap, peserta didik baru bisa berproses dengan baik dan menjadi pelayan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama dr. Andi Saguni, MA., selaku Plt. Direktur Utama Rumah Sakit Wahidin Sudirohusoda menjelaskan sebagai rumah sakit pendidikan utama FK Unhas, RSWS memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan kedokteran berkualitas. Untuk itu, peningkatan mutu terus dimaksimalkan dalam rangka menghasilkan sumber daya unggul dan berdaya saing dengan karakter humanis.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. dr. Budu, Ph.D., Sp.M., MMedEd., juga mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru. Menurutnya, peserta didik baru beruntung dapat bergabung di Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi yang setiap tahunnya memiliki banyak peminat.

Lebih lanjut, Prof Budu menambahkan 13 peserta didik baru telah melalui proses penerimaan yang sangat ketat. Sehingga, dirinya berharap peserta didik dapat belajar dengan baik.

Terkait:  Unhas Wisuda 822 Lulusan Baru pada Periode IV Tahap 2 Tahun Akademik 2021/2022

“Peminat 25 orang, namun yang berhasil diterima 13 orang. Memang departemen ini merupakan salah satu departemen yang banyak peminat. Sampai saat ini, kita telah membawahi kurang lebih 42 RSUD dalam pemenuhan dokter spesialis dengan melibatkan residen mandiri yang sebagian besar dari departemen pulmonologi,” jelas Prof Budu.

Setelah menyampaikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan sesi ramah tamah dan memperkenalkan 13 peserta didik baru yang akan menempuh pendidikan spesialisnya di Unhas.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa