Unhas Gelar Kuliah Umum Tentang Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Hukum menyelenggarakan kuliah umum mengenai Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Kegiatan yang menghadirkan Prof. Dr. Irwansyah, SH., M. H (Guru besar Fakultas Hukum Unhas dan Editor in Chief Hasanuddin Law Riview) sebagai narasumber berlangsung di Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (27/02).

Prof. Irwansyah menjelaskan bahwa penulisan karya ilmiah yang baik memuat beberapa hal seperti adanya pernyataan yang membuat pembaca tertarik. Selain itu, penulisan skripsi, tesis, disertasi maupun artikel seyogyanya bersifat baru yang didasarkan pada temuan lama sebagai penguat tulisan.

“Jangan menulis hal yang tidak perlu, ketika melihat judul tulisan yang kalian buat, pembaca sudah mengetahui isinya. Buatlah tulisan yang berguna jika diliat dari judul serta tujuan penelitiannya saja sudah bisa membuat pembaca tertarik,” kata Prof. Irwansyah.

Lebih lanjut, Prof Irwansyah menekankan bahwa referensi tulisan sebaiknya berasal dari artikel jurnal yang terbaru. Sebab, artikel jurnal memiliki informasi yang sifatnya lebih terupdate dari pada buku.

“Dalam menulis, teman-teman butuh persiapan. Alangkah baiknya jika persiapan tersebut dimulai dengan banyak membaca hasil riset terkini sesuai dengan kajian penelitian yang dilakukan. Banyak mencari hasil riset terbaru, terkini dengan teori mutakhir dan didukung dengan jurnal terbaru sangat membantu dalam persiapan menghasilkan tulisan yang baik,” sambung Prof Irwansyah.

Diakhir penjelasannya, Prof Irwansyah menekankan bahwa penelitian kajian (studi) hukum pada dasarnya dilakukan bukan untuk menguji hipotesis, melainkan menguji norma. Sehingga, kebenaran yang ingin dicapai bersifat koherensi dengan memberikan gambaran preskripsi. Untuk itu, diperlukan fokus penelitian serta riset terdahulu yang sifatnya terbaru.

Dalam kegiatan tersebut, peserta yang berasal dari mahasiswa sarjana, magister maupun doktor memenuhi lokasi kegiatan. Banyak diantara mereka antusias memberikan pertanyaan hingga berakhirnya kegiatan pukul 10.00 Wita.(*)

Terkait:  MWA Unhas Menyetujui Pembukaan Prodi Sarjana Pariwisata Fakultas Ilmu Budaya

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa