Unhas dan University of Nottingham Bahas Peluang Kerja Sama Pengembangan Tridarma

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menerima kunjungan delegasi dari University of Nottingham, Inggris, didampingi Wakil Ketua MPR RI (Dr. H. Sjarifuddin Hasan, SE., MM., MBA). Kunjungan dalam rangka membahas kolaborasi berbagai bidang tersebut berlangsung mulai pukul 13.30 Wita secara luring terbatas di Ruang Senat Akademik, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (09/06).

Turut hadir Prof. Pat Wheeler (Head of Power Electronics, Machines and Control Research Group, Faculty of Engineering), Dr. Bagus Muljadi (Koordinator UKICIS), Dr. Louise Walker (Associate Professor Midwifery, Faculty of Medicine and Health Sciences), David Ouchterlonie (Associate Director Global Engagement) dan Shannon Baverstock (Senior Global Engagement Manager).

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. JJ menyampaikan rasa senang dan bangga bisa menyambut secara langsung Wakil Ketua MPR RI bersama para delegasi University of Nottingham. Prof. JJ menggambarkan mengenai Unhas dari berbagai aspek. Unhas dengan berbagai sumber daya berkualitas terus berupaya optimal membangun kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Saya berharap Unhas bisa terlibat dalam program konsorsium UK-Indonesia Consortium for Interdisciplinary Sciences atau UKICIS, yang merupakan program pendanaan untuk mendukung riset kolaboratif antara peneliti Indonesia dan Inggris Raya di bidang green economy, blue economy dan sebagainya,” kata Prof. JJ.

Pada kesempatan yang sama, mewakili University of Nottingham sekaligus Koordinator UKICIS, Dr. Bagus menyampaikan ungkapan terima kasih atas sambutan luar biasa dari Unhas. Beliau memberikan penjelasan secara umum tentang Nottingham sekaligus terkait program UKICIS yang dibentuk atas inisiasi Direktorat Jenderal Pendidikan, Riset dan Teknologi kerja sama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dan pihak lainnya.

Bagus mengatakan UKICIS merupakan kesempatan pendanaan bagi universitas di Indonesia yang ingin melaksanakan penelitian dengan para akademisi dari Inggris Raya. UKICIS merupakan program konsorsium universitas di UK dan Indonesia yang bertujuan mengakselerasi transfer teknologi melalui riset kolaboratif.

Terkait:  Aria Adiputra dan Karen Kurnia Mahasiswa FK Unhas Runner Up RespiQuizz 2022

“Sangat senang karena program UKICIS mendapatkan dukungan luar biasa. Program ini diharapkan menjadi media untuk memperoleh pengalaman secara global. Kita harapkan Unhas bisa terlibat dan menjadi bagian dari konsorsium tersebut dan bekerja sama dengan University of Nottingham,” jelas Bagus.

Wakil Ketua MPR RI Dr. Sjarifuddin Hasan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah secara berkelanjutan memberikan dukungan terhadap upaya kolaboratif dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Berbagai program kerja sama yang dilakukan perguruan tinggi menjadi langkah strategis yang perlu dioptimalkan.

Setelah memberikan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai peluang kerja sama melalui program UKICIS. Seluruh rangkaian kegiatan yang dipandu oleh Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D., berlangsung lancar hingga pukul 14.30 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa