Unhas dan MIND ID Sepakat Kerja Sama Bidang Pertambangan dan Industri Berbasis Mineral Batu Bara

Universitas Hasanuddin bersama MIND ID (Mining Industry Indonesia) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Industri Pertambangan sepakat kerja sama dalam bidang pertambangan dan industri berbasis mineral dan batu bara.

Kesepakatan tersebut tertuang melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas (Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D) dan Senior Vice President Mining and Minerals Industry Institute, PT Inalum (Persero) – Mining Industry Indonesia (Ratih Dewihandajani Amri).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan road show Big Mind Innovation Award dari MIND ID berlangsung mulai pukul 14.00 Wita secara luring terbatas di Aula Prof. Amiruddin, Fakultas Kedokteran Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (24/06).

Mengawali kegiatan, Prof. Nasrum menyampaikan bahwa Unhas melalui bidang riset dan inovasi memberikan dukungan atas kerja sama tersebut sebagai upaya menghasilkan produk inovasi yang dapat dilanjutkan pada proses hilirisasi kepada masyarakat.

“Salah satu misi perguruan tinggi adalah sebagai sarana menghasilkan banyak inovasi karena ketersediaan sumber daya yang dimiliki. Dengan berbagai kekayaan yang dimiliki negara kita, sangat memungkinkan untuk kesejahteraan masyarakat. Tinggal bagaimana pengelolaannya melalui inovasi yang terhilirisasi sampai ke masyarakat,” jelas Prof. Nasrum.

Pada kesempatan yang sama, Ratih menjelaskan bahwa sektor pertambangan merupakan salah satu kekayaan besar Indonesia. Untuk itu, diperlukan pengelolaan tepat guna melalui berbagai inovasi agar kekayaan ini bermanfaat bagi masyarakat.

Ratih menilai peran perguruan tinggi yang memiliki sumber daya manusia berkualitas merupakan bagian penting untuk mengoptimalkan sektor pertambangan.

MIND ID merupakan sinergi dari perusahaan tambang terbesar Indonesia yang mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya mineral bertanggung jawab dan berkelanjutan, untuk menciptakan masa depan Indonesia lebih baik. Ini merupakan identitas baru Holding Industri Pertambangan (HIP) yang resmi diluncurkan pada 17 Agustus 2019 lalu.

Terkait:  Fakultas Kehutanan Unhas Gelar kuliah Umum oleh Narasumber Australia

Sebelum penandatanganan nota kesepahaman, Unhas dan MIND ID telah melakukan diskusi bersama untuk membahas berbagai ide kerja sama yang dapat dikembangkan kedua pihak. Diskusi ini berlangsung pukul 10.00 Wita di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas yang menghadirkan jajaran pimpinan Unhas terkait dan pihak MIND ID. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa