Unhas dan FPCI Gelar Kuliah Tamu Internasional tentang Bisnis di Asia Tenggara

Universitas Hasanuddin bersama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) kembali menyelenggarakan kuliah tamu dalam program Southeast Asia Lecture Hall seri ke-8. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada Rabu (26/01).

Southeast Asia Lecture Hall merupakan program yang dihadirkan dengan konsep perkuliahan kelas dunia. Kegiatan ini berlangsung setiap 3 minggu sekali, diprakarsai oleh FPCI.

Tujuan kuliah tamu adalah mengembangkan hubungan yang lebih erat di antara para komunitas akademik dari 11 negara di kawasan Asia Tenggara melalui pertukaran intelektual anara mahasiswa dan akademisi.

Pada seri ke-8 ini, FPCI menghadirkan Cesar Purisima (Secretary of Finance of the Republic of the Philippines) sebagai narasumber. Kuliah tamu dipandu oleh Dr. M.L Pinitbhand Paritbatra (Associate Dean, Faculty of Political Science, Thammasat University) sebagai moderator.

Cesar Purisima berpengalaman pada bidang akuntan publik baik di Filipina maupun di luar negeri. Beliau penerima berbagai penghargaan dan kehormatan, termasuk: Finance Minister of the Year four times in five years and Chevalier de l’Ordre national du Merite by the Republic of France in 2001.

Saat ini, Cesar Purisima sebagai Asia Fellow di ‘Milken Institute’, dan juga Mitra Pendiri di ‘ASEAN private equity fund Ikhlas Capital’ bersama dengan Nazir Razak, Kenny Kim, dan Gita Wirjawan. Ia juga menjabat sebagai Direktur beberapa perusahaan publik multinasional Filipina.

Pada kesempatan tersebut, Cesar Purisima membawakan topik terkait “Business in Southeast Asia”. Beliau memberikan pemahaman terkait peninjauan bisnis di Asia Tenggara yang berkembang menjadi kawasan pendorong pertumbuhan ekonomi dunia.

Pergerakan konsumen digital mengalami pertumbuhan pesat dalam mengakses layanan digital selama masa pandemi, yakni tercatat terdapat 40 juta pengguna baru dari total 440 juta pengguna.

Terkait:  Rektor Unhas Terima Kunjungan BNN Provinsi Sulsel, Siap Ciptakan Kampus Bebas Narkoba

“Data tersebut dijelaskan dalam poin ASEAN digital Econmy Snapshot dari Google/Temasek/Bain SEA eConomy 2021 Report,” kata Purisima.

Para konsumen baru ikut bergabung dalam pemanfaatan digital sebagai langkah dinamis yang dilakukan dalam bertahan selama masa pandemic melalui platform e-commers sebagai pendorong utama.

Kuliah umum kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi secara interaktif yang diikuti oleh kurang lebih 500 peserta zoom yang hadir dari berbagai universitas. (*/dhs).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa