Unhas dan FPCI Gelar Kuliah Tamu Bahas Hubungan Internasional Asia Pasifik

Universitas Hasanuddin bersama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) kembali menyelenggarakan kuliah tamu dalam program Southeast Asia Lecture Hall. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (10/11).

Southeast Asia Lecture Hall merupakan program yang bertujuan memberikan kuliah kelas dunia oleh para akademisi dan pakar terkemuka pada bidang masing-masing kepada mahasiswa dan pemuda di kawasan Asia Tenggara. Program tersebut hadir dengan latar belakang kesenjangan akses kuliah berkualitas tinggi seperti di Asia Tenggara.

Pada sesi tersebut, H.E. Chan Heng Chee (Singaporean Ambassador-at-Large and Ambassador of Singapore to the United States, 1996-2012) hadir sebagai narasumber.

H.E. Chan Heng Chee adalah seorang diplomat dan akademisi Singapura, yang diangkat menjadi duta besar Singapura untuk Amerika Serikat dari tahun 1996 hingga 2012. Sebelum penunjukan tersebut, H.E. Chan Heng Chee menjadi perwakilan tetap Singapura untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 1989 hingga 1991.

Saat ini, ia menjabat sebagai duta besar di kementerian Luar Negeri Singapura. Ketika menjabat sebagai duta besar untuk AS, dirinya telah menerima berbagai penghargaan, yakni Inaugural Asia Society Outstanding Diplomatic Achievement Award, Inaugural Foreign Policy Outstanding Diplomatic Achievement Award 2012 dan United States Navy Distinguished Public Service Award.

Dalam kesempatan tersebut, H.E. Chan Heng Chee membahas Hubungan Internasional wilayah Asia Pasifik dan Kawasan Indo-Pasifik yang memiliki kekuatan pada kawasan secara strategis yang layak dipertimbangkan dalam struktur politik global yang dinamis.

Pada pembahasannya, H.E. Chan Heng Chee memperkenalkan Hubungan Internasional di Asia Pasifik yang berkaitan dengan sejarah negara dan sistem negara di kawasan tersebut. Kemudian membahas aneka isu-isu kontemporer dalam hubungan internasional di kawasan Asia Pasifik dengan pemahaman terkait aspek-aspek regionalisme dan kerja sama regional di kawasan Asia Pasifik.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Bahas Praktik Uji Klinis Bersama Narasumber Asal Jerman

Setelah penyampaian pandangan oleh narasumber, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kegiatan yang dipandu oleh Prof. Eugene Tan (Associate Professor of Law, Singapore Management University) selaku moderator diikuti kurang lebih 1.000 peserta yang berasal dari berbagai negara. Kuliah umum ini berlangsung lancar hingga pukul 11.00 Wita. (/*dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa