Unhas dan BPJS Ketenagakerjaan Sepakati Kerja Sama Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi

Universitas Hasanuddin dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sepakati kerja sama dalam bidang pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan (Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D), dan Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan (Abdur Rahman Irsyadi).

Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 di Ruang Rapat A Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Senin (22/11).

Turut hadir Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., dan Deputi Direktur Bidang Learning BPJS Ketenagakerjaan Pepen Supendi Almas. Pertemuan tersebut membahas terkait kerja sama tentang pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di Universitas Hasanuddin melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi sivitas akademika.

Mengawali kegiatan, Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Abdur Rahman Irsyadi menyampaikan bahwa BPJS telah memiliki Institut BPJS Ketenagakerjaan dan pusat pelatihan (Learning Center) sebagai bentuk dari corporate university untuk memberikan pelatihan melalui riset dan teknologi, dengan menjalankan beberapa program pendidikan seperti kerja sama dengan aliansi kelembagaan, kolaborasi riset serta peningkatan uji kompetensi bersama lembaga sertifikasi.

Lebih lanjut, beliau menambahkan kerja sama yang dilakukan antara BPJS dan perguruan tinggi merupakan bentuk kerja sama dalam meningkatkan kualitas layanan sebagai solusi untuk memberikan jaminan sosial kepada para sivitas akademika dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Dalam prosesnya, seluruh pihak yang terlibat menerima secara penuh perlindungan sosial ekonomi yang dapat dinikmati melalui beberapa program yang tersedia.

“Alumni Unhas telah banyak memberikan kontribusi dan berperan membangun BPJS untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, olehnya itu kerja sama ini sangat kami harapkan untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi memperkuat dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada sivitas akademika dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi,” jelas Abdur Rahman.

Terkait:  Fakultas Kehutanan Unhas Gelar Webinar Internasional Kewirausahaan

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyambut baik kerja sama Unhas bersama BPJS Ketenagakerjaan yang akan dirasakan manfaatnya oleh sivitas akademika. Beliau menambahkan bahwa melalui pemberian jaminan sosial kepada para tenaga kerja akan menjadi cara yang tepat untuk memberikan motivasi serta sebagai bentuk komitmen yang kuat dalam memberikan perhatian dan dukungan atas kinerja yang telah diberikan kepada institusi.

“Jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan suatu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap institusi sebagai apresiasi atas kinerja para pegawai, sehingga gagasan BPJS untuk memperkuat kapasitas tenaga kerja kita telah menjadi fokus utama yang sangat berdampak positif terhadap permasalahan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui program yang diberikan, seperti jaminan kecelakaan kerja hingga jaminan hari tua,” jelas Prof. Dwia.

Kegiatan penandatanganan berlangsung lancar hingga pukul 11.30 Wita dan tutup dengan diskusi bersama, terkait bentuk implementasi dari kerja sama yang akan dilakukan. (*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa