Unhas dan Bank BRI Resmi Luncurkan UnhasPay, Aplikasi Transaksi Digital Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia

Universitas Hasanuddin dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menghadirkan Platform UnhasPay yang dirangkaikan dalam acara peluncuran bertema “UnhasPay Campus Financial Ecosystem”. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Gedung BRI Micro Finance, Kampus Unhas Tamalanrea, Jumat (10/12).

Mengawali kegiatan, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas terwujudnya kerja sama Unhas dan Bank BRI untuk menghadirkan platform UnhasPay. Beliau menuturkan bahwa UnhasPay merupakan platform digital payment pertama di perguruan tinggi di Indonesia. Melalui pengembangan digitalisasi ini diharapkan berdampak positif terhadap perubahan sosial di kalangan sivitas akademika Unhas.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam merancang hingga merealisasikan model pembayaran Unhas yang berbasis digital ini. Diharapkan UnhasPay dapat pula berdampak terhadap perekonomian masyarakat, dengan memberikan kemudahan, kecerdasan, dan keterampilan melalui fitur Marketplace bagi UMKM sebagai fasilitas pendampingan yang kami berikan,” jelas Prof. Dwia.

Lebih lanjut, Prof. Dwia menuturkan bahwa kerja sama yang dilakukan bersama Bank BRI adalah suatu hal yang saling menguntungkan banyak pihak. Yang paling utama adalah keuntungan bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi dalam bidang startup. UnhasPay hadir dengan semangat humaniversity dalam memberikan kemudahan bagi sivitas akademika untuk bertransaksi.

Pada kesempatan yang sama, Regional CEO BRI Makassar, Moh. Fikri Satriawan mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unhas beserta para jajaran pimpinan atas kepercayaannya kepada Bank BRI sebagai penyedia berbagai layanan perbankan guna mendukung kegiatan operasional maupun transaksi finansial bagi sivitas akademika Unhas.

“Sebagai bank BUMN, Bank BRI berperan untuk menjalankan tugas dan fungsi pokoknya dalam memberikan jasa perbankan untuk institusi, utamanya bagi sivitas akademika Unhas. Hadirnya UnhasPay diharapkan dapat tercipta ekosistem digital menuju Cashless Society,” jelas Moh. FIkri.

Terkait:  Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN Program Sarjana, Magister, dan Doktor FKM Unhas Resmi Berakhir

Moh. Nurdin Subandi selaku Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 6 Sulampua, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam perkembangan digitalisasi saat ini terus berkembang dengan sangat pesat, utamanya dalam pengembangan penggunaan internet banking sebagai upaya pemanfaatan digitalisasi.

Dengan demikian, OJK sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas hadirnya layanan aplikasi UnhasPay sebagai inovasi terkini yang diberikan terhadap pengembangan digitalisasi di Indonesia, khususnya dalam bidang perbankan.

“OJK telah menyiapkan master plan digitalisasi untuk mendukung percepatan peningkatan kualitas layanan digital perbankan guna mendukung pertumbuhan ekonomi. OJK sangat mendukung adanya literasi keuangan sejak dini, sehingga UnhasPay yang dihadirkan ini sangat sejalan dengan upaya stabilitas kemajuan ekonomi masyarakat,” jelas Moh. Nurdin.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan peluncuran secara simbolis dan mengajak para sivitas akademika untuk mengunduh bersama aplikasi UnhasPay.(*/dhs)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa