Unhas bersama Voice of America dan AJI Gelar Diskusi Publik Literasi Media di Era Digital

Universitas Hasanuddin bersama Voice of America (VoA) Indonesian Service dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar menggelar Webinar Wilayah Tengah bertema Memperkuat Literasi Media di Era Digital: Pengalaman Amerika dan Indonesia”. Webinar berlangsung pada Sabtu (2/10) mulai pukul 10.00 Wita secara virtual melalui zoom meeting.

Kegiatan ini merupakan rangkaian VoA Goes to Campus with AJI, yang memadukan Webinar dan Workshop Jurnalistik Digital.

Hadir sebagai narasumber adalah Dian Widyastuti (Digital Lead VoA Indonesia), Naras Prameswari (Digital Content Producer VoA Indonesia), Sunarti Sein (Pemimpin Redaksi Harian Radar Selatan), dan Dr. Alem Febri Sonni (Dosen Ilmu Komunikasi Unhas).

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D (yang mewakili Rektor Unhas), menjelaskan bahwa kegiatan VoA Goes to Campus with AJI yang menggandeng Unhas merupakan bentuk kolaborasi yang selama ini menjadi fokus untuk mewujudkan merdeka belajar dan kampus merdeka.

“Tema literasi digital merupakan tema yang penting diketahui oleh mahasiswa dan sivitas akademika, untuk memastikan bahwa informasi yang beredar dimasyarakat memiliki manfaat sosial. Unhas sebagai perguruan tinggi yang mengusung prinsip humaniversity secara konsisten mendukung upaya-upaya kolaboratif untuk mewujudkan kepedulian sosial, termasuk melalui informasi yang sehat dan bertanggung jawab,” kata Suharman.

Webinar Wilayah Tengah merupakan rangkaian VoA Goes to Campus with AJI. Kegiatan serupa sebelumnya telah dilaksanakan di wilayah lain, sementara untuk wilayah tengah Universitas Hasanuddin bertindak sebagai mitra kerja sama.

Webinar ini mendiskusikan beberapa topik menarik, yaitu: “Pentingnya jurnalisme digital berkualitas di tengah disinformasi”, “Praktik literasi media di Amerika Serikat”, “Praktik jurnalisme dan literasi media di Sulawesi”, dan “Peran Kampus untuk Memperkuat Literasi Media”.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Unhas Edukasi Pasien dan Keluarga Tentang Keselamatan Pasien

Webinar berlangsung hingga pukul 12.30 Wita, diikuti lebih 100 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Wilayah Tengah. Rangkaian selanjutnya berupa workshop akan digelar pada tanggal 8 Oktober mendatang.(*/ir)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa