UKM KPI Unhas Gelar Indonesian Youth Festival of Science 2020

Unit Kegiatan Mahasiswa Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (UKM-KPI) Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan kompetisi tahunan berskala nasional bertajuk Indonesian Youth Festival of Science (INOVASI) 2020. Tahun ini, kompetisi mengambil tema “Strategi dan Inovasi Generasi Muda dalam Menjawab Tantangan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Ditemu pada Senin (21/12), panitia INOVASI 2020, Nurlela, menjelaskan hal bahwa agenda tahunan ini bertujuan mengasah kreativitas, melahirkan inovasi, serta menghadirkan argumentasi dan gagasan baru bagi siswa maupun mahasiswa se-Indonesia.

Dalam penyelenggaraannya sendiri dilakukan secara daring. Beberapa rangkaian kompetisi, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk mahasiswa dan lomba esai untuk siswa se-Indonesia, Science Expo berupa ajang visualisasi karya peserta, hingga Tiktok Healthy Challenges yang memberi tantangan membuat video kreatif dan inovatif melalui aplikasi TikTok.

Jumlah peserta yang berpartisipasi tahun ini sebanyak 106 orang dari seluruh Indonesia. Selain kompetisi, terdapat juga kegiatan lain seperti webinar dan IG Live Talk.

“Selama pelaksanaan, tantangan yang kami hadapi terutama dalam hal sumber daya manusia. Sebagian besar teman-teman KPI tidak berada di Makassar. Kami juga sempat mengalami kendala jaringan internet, terutama yang menimpa peserta yang jauh. Namun alhamdulillah, hal itu dapat diatasi dan kegiatan ini dapat terselenggara baik,” kata Nurlela, yang menangani seksi Humas dalam kepanitiaan.

Melalui kegiatan Inovasi 2020, Nurlela berharap menjadi media peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikirandalam bentuk tulisan ilmiah. Hal ini dapat menjadi benih untuk menghasilkan inovasi yang lebih luas lagi, yang dapat memberi kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kami tentunya berharap kegiatan Inovasi kedepannya semakin menjadi ajang yang bergengsi dan berkontibusi aktif mengembangkan ilmu pengetahuan,” tutup Nurlela.

Terkait:  FIKP Unhas dan Pemkab Pinrang Sepakat Kerja Sama Pengolahan Sampah Sungai Kariango

Agenda INOVASI 2020 dengan beberapa agenda terkait telah dilaksanakan pada Sabtu (14/11) dan berakhir pada Minggu (29/11).

Selama masa pandemi, aktivitas mahasiswa Unhas dalam hal inovasi tidak berhenti. Berbagai kegiatan bidang kemahasiswaan dapat terlaksana, meskipun dengan beberapa penyesuaian dan adaptasi.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa