Tim Mahasiswa Fakultas Teknik Unhas Raih Juara Dua pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Tingkat Nasional

Tim mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin kembali mempersembahkan prestasi yang membanggakan dengan berhasil meraih Juara Dua Kategori Desain Kapal Patroli pada ajang lomba bergengsi “Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021”. Kontes tersebut diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berlangsung pada Rabu (20/10) hingga Sabtu (23/10).

Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) 2021 merupakan salah satu agenda penting Bidang Kemahasiswaan Puspresnas Kemendikbudristek yang bertujuan untuk memberi sumbangsih pemikiran pembuatan inovasi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan yang dilengkapi dengan teknologi digital.

Selain itu dapat menumbuhkan dan melatih mahasiswa untuk kreatif, inovatif dan produktif dalam hal membuat inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe dan kontes performa prototipe kapal selam dan kapal permukaan, menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme untuk menjaga kedaulatan NKRI serta melatih mahasiswa dalam melakukan kerja sama tim.

Delegasi Unhas diwakili oleh Tim Marina 09. Keberhasilan tim ini dicapai berkat dukungan berbagai pihak, serta persiapan yang matang. Tim ini dibimbing oleh Dosen Teknik Perkapalan Unhas, Dr. Samsul Asri, yang membimbing dalam penyiapan bahan proposal, proses desain kapal yang diperlombakan hingga persiapan presentasi.

Melalui wawancara pada Senin (25/10), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FT, Mukti Ali, S.T., M.T., Ph.D., menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi kepada Tim Marina 09 atas prestasi yang membanggakan. Persaingan sangat ketat dalam kompetisi yang melibatkan mahasiswa dari seluruh Indonesia dapat dilewati dengan hasil memuaskan.

“Pimpinan fakultas dan departemen selalu memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan prestatif. Pihak fakultas menyediakan ruang-ruang kreatif dalam mendorong mahasiswa menyalurkan minat dan bakatnya dengan dibentuknya berbagai Kelompok Khusus (KK) pada tiap departemen yang mempersiapkan mahasiswanya untuk berkompetisi pada bidang yang dikuasainya,” jelas Mukti Ali.

Terkait:  FH Unhas Gelar Penataran Hukum Keperdataan Bagi Dosen dan Praktisi Hukum

Pihak Fakultas maupun kampus akan terus memperhatikan dan mempermudah mahasiswa yang mengikuti perlombaan dengan memberikan dukungan baik finansial maupun moril. Hal tersebut menjadi komitmen FT Unhas dalam memperjuangkan almamater tercinta di kancah nasional maupun internasional.

“Pencapaian ini menjadi akhir dari penantian panjang Unhas dengan meraih predikat juara yang telah lama tidak diraih pada perlombaan KKCTBN. Ini sekaligus menjadi pemantik kepada mahasiswa lainnya agar lebih bersemangat, khususnya pada bidang perlombaan pada bidang yang dia kuasai,” tambah Mukti Ali.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan, menyampaikan harapannya agar Fakultas Teknik akan terus membuka ruang dan dalam mendukung mahasiswa yang akan terlibat dalam berbagai kompetisi dan lomba, baik skala nasional maupun internasional serta pada kegiatan positif lainnya. Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan minat, bakat, dan penalaran sesuai bidang keilmuannya. (*/dhs).

Tim Marina 09 Fakultas Teknik Unhas

Ketua: Ode Moh. Fawwas Mana (Teknik Perkapalan 2017).
Anggota Tim:
1. Ahmad Akbar (Teknik Perkapalan 2017),
2. Muhammad Afrian (Teknik Perkapalan 2017),
3. M. Ardi Isrgusra (Teknik Sistem Perkapalan 2017),
4. Muhammad Aqli Akbar (Teknik Kelautan 2017).

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa