Tiga Prodi Fakultas Teknik Unhas Peroleh Akreditasi IABEE

Tiga Program Studi pada lingkup Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin mendapatkan pengakuan dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). KetigaĀ  prodi tersebut yakni Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Elektro dan Prodi Teknik Lingkungan.

Melalui wawancara pada Minggu (04/04) bersama dekan Fakultas Teknik Unhas Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, M.T., menyampaikan rasa syukur atas capaian ini. Dirinya menuturkan khusus untuk Prodi Teknik Sipil dan Teknik Elektro sebelumnya juga telah mendapatkan pengakuan internasional dari ABET. Sehingga, secara konsisten FT Unhas terus memaksimalkan pengembangan mutu pembelajaran.

“Bahkan untuk Teknik Sipil sudah menyandang 3 macam pengakuan internasional termasuk AUN-QA tahun 2018. Hal menggembirakan berikutnya Teknik Lingkungan yang juga terakreditasi IABEE. Hasil ini merupakan bukti standar mutu pembelajaran kita sudah diakui secara internasional. Alumninya bisa disetarakan dengan alumni perguruan tinggi internasional yang bernaung di bawah Washington Accord,” jelas Prof Arsyad.

Lebih lanjut, Prof Arsyad menjelaskan siklus proses akreditasi IABEE berlangsung satu tahun, mulai dari registrasi, penyerahan laporan evaluasi diri, penelaahan dan tanggapan prodi dalam beberapa putaran, visitasi hingga evaluasi pertama untuk selanjutnya penetapan hasil assesmen.

Prof Arsyad menambahkan, ada beberapa hal utama yang diassesmen yakni rancangan dan capaian hasil dari profil lulusan termasuk pemenuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), rancangan dan implementasi kurikulum yang mampu memenuhi CPL, kondisi mahasiswa, kualifikasi dosen, dukungan fasilitas dan pimpinan universitas dalam proses pembelajaran hingga proses evaluasi mutu dan perbaikan berkelanjutan.

“Dengan capaian ini akan semakin memberikan keyakinan dan menguatkan mutu pembelajaran di prodi tersebut kepada khalayak. Tidak hanya itu, daya saing mutu dengan perguruan tinggi lainnya semakin meningkat, sehingga mendorong lulusan untuk memenuhi kebutuhan SDM pasar juga menjadi dukungan fakultas untuk Unhas menuju World Class University,” tambah Prof Arsyad.

Terkait:  Unhas Konversi Akreditasi Institusi Unggul

Melalui hasil assesmen tersebut, Prof Arsyad berharap implementasi dari masukan IABEE dapat terus dijalankan untuk menghasilkan pengelolaan prodi yang bermutu.

IABEE merupakan organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagai bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi di bidang teknik dan computing. Lembaga akreditasi ini juga telah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Lembaga ini dibentuk dengan pembinaan oleh JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education) yang telah berstatus sebagai penandatanganĀ Washington Accord, yakni perjanjian multilateral yang mengatur kesetaraan berbagai lembaga akreditasi mandiri dari mancanegara untuk program-program studi bidang keteknikan.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa