Sivitas Akademika FT Unhas Gelar Halalbihalal dan Launching Dies Natalis Ke-60

Mengawali hari kerja paska libur Hari Raya Idul Fitri 1441, sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin menyelenggarakan halalbihalal sebagai bentuk silaturahmi dan meningkatkan hubungan persaudaraan.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan launching Dies Natalis FT Unhas ke-60 berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom, Rabu (27/05), pukul 10.00 Wita. Acara juga disebarluaskan melalui platform YouTube Unhas.

Kegiatan secara langsung dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutan pembukanya, Prof Dwia mengapresiasi berbagai kegiatan positif dan inovatif dari Fakultas Teknik Unhas selama masa pandemi Covid-19.

Segala bentuk inovasi FT Unhas merupakan dampak dari kerja sama yang baik segenap unsur sivitas akademika FT Unhas dan para alumni. Masing-masing pihak menunjukkan kepedulian dan komitmen untuk terlibat mengatasi pandemi Covid-19.

“Situasi sekarang fokus pembelajaran pada E-learning. Namun, metode seperti ini perlu dilakukan kombinasi dengan metode lain seperti metode pengembangan pembelajaran berbasis lab yang juga perlu diprioritaskan. Sehingga, perlu adanya proses adaptasi dari rencana pembelajaran semester dengan mengakselerasi metode pembelajaran lainnya,” jelas Prof Dwia.

Pada era normal baru, proses adaptasi dan inovatif sangat dibutuhkan. Harapannya, sistem pembelajaran ditengah pandemi tetap berkualitas. Olehnya itu, kapasitas keterampilan dan modul pembelajaran harus ditingkatkan.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FT Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, M.T., memaparkan berbagai partisipasi FT Unhas selama masa pandemi Covid-19. Prof Arsyad menjelaskan, selama masa pandemi produktivitas pembelajaran dapat dikatakan berlangsung optimal, serta beberapa aktivitas inovasi yang terus dilakukan.

“Kami membentuk tim satgas dan membuka donasi sebagai bentuk keterlibatan sivitas akademika FT Unhas. Selain itu, mahasiswa juga sangat aktif dengan menghasilkan produk inovasi seperti chamber, hand washer dengan berbagai varian serta beberapa inovasi lain yang saat ini dipersiapkan,” jelas Prof Arsyad.

Terkait:  LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Periodonsia FKG Unhas

Ketua Ikatan Alumni FT Unhas, Ir. Haedar A. Karim juga berkesempatan memberikan sambutan. Beliau mengajak untuk membangun dan merubah mindset, perilaku serta life style dalam situasi pandemi Covid-19.

“Kami alumni tentu akan selalu berupaya untuk mendukung semua hal yang bertujuan untuk pengembangan kemajuan dan terobosan baru yang ingin dilakukan FT Unhas. Olehnya itu, kebersamaan dan kerja sama perlu kita tingkatkan,” ungkap Haedar.

Usai sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan hikmah dan refleksi halalbihalal yang disampaikan oleh Dr. H. Das’ad Latief, S.Sos., S.Ag., M.Si., Ph.D. Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unhas.(*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa