Sebanyak 900 Orang Pengurus Pusat IKA Unhas Periode 2022-2026 Resmi Dilantik

Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Periode 2022-2026 resmi dilantik. Proses pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKA Unhas Periode 2022-2026, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP.

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di GOR JK Arenatorium, Kampus Unhas, Tamalanrea, mulai pukul 13.00 Wita, Sabtu (14/5).

Turut hadir, Ketua Dewan Pelindung (Dr.(HC). Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla), Gubernur Sulsel (Andi Sudirman Sulaiman, ST), Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc), jajaran pimpinan, alumni, dan sivitas akademika Unhas.

Mengawali kegiatan, Ketua Umum IKA Unhas Periode 2022 – 2026 Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum IKA Unhas sebelumnya, H.M. Jusuf Kalla, yang telah mengantar alumni Unhas selama 25 tahun masa kepemimpinan.

Pada kesempatan ini, Andi Amran Sulaiman juga mendeklarasikan kolaborasi alumni untuk Indonesia. Menurutnya, sinergi alumni menjadi kekuatan besar untuk membangun Indonesia Timur, dengan sumber daya yang melimpah.

“Masa depan Indonesia saat ini ada di Kawasan Timur Indonesia, kalau sumber daya alumni ini kita sinergikan, kami yakin Indonesia Timur menjadi episentrum ekonomi dunia di masa mendatang,” kata Amran.

Pada akhir sambutannya, Andi Amran berharap mimpi Unhas dapat diwujudkan melalui program strategis yang telah direncanakan IKA Unhas, guna memberikan ruang kolaboratif para alumni dalam membangun sinergi antar alumni dan sivitas akademika demi menjaga nama baik almamater.

Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa, turut menyampaikan terima kasih atas seluruh kontribusi dan ide yang telah diberikan oleh H.M. Jusuf Kalla selama memimpin IKA Unhas. Alumni Unhas yang semakin bertambah sangat dibutuhkan satu kekuatan besar yang signifikan untuk mampu membangun almamater tercinta.

Terkait:  Farmasi Unhas Terapkan Inovasi untuk Penjernihan Air di Kampung Kera-Kera

“Perguruan tinggi dunia ditandai dengan kontribusi alumni yang signifikan. Bahkan, ada perguruan tinggi dunia yang kontribusi alumninya sampai 50% dari pembiayaan universitas. Saya berharap, jika IKA Unhas dapat berkontribusi hingga 20% saja itu sudah luar biasa,” kata Prof. JJ.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pelindung IKA Unhas, Dr.(HC). Drs. H.M. Jusuf Kalla, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus baru IKA Unhas yang dilantik. Beliau menuturkan bahwa nilai atau pandangan seseorang terhadap universitas bergantung terhadap kualitas para alumni yang dihasilkan, karena alumni menjadi pengharapan masa depan.

“Kita sebagai alumni mempunyai kemampuan sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab, hal itu sebagai upaya kita bersama dalam memajukan universitas yang ditandai melalui kehadiran program dan fasilitas yang memadai bagi peningkatan pendidikan kampus,” kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla berpesan kepada pengurus baru IKA Unhas untuk lebih memajukan alumni Unhas, melalui efektivitas organisasi dengan kerja sama yang lebih baik.

Prosesi pelantikan Pengurus Baru IKA Unhas diawali dengan penyerahan pataka oleh Jusuf Kalla kepada Amran Sulaiman sebagai bukti simbol estafet kepemimpinan. Sebanyak 900 orang alumni Unhas dilantik sebagai Pengurus Pusat periode 2022-2026. (*/dhs).

Edit: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa