Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Universitas Hasanuddin

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dari Startup Studio Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali hadir di Universitas Hasanuddin. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk webinar tersebut berlangsung mulai pukul 14.00 Wita secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (27/07).

Hadir sebagai narasumber yakni Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, M.P (Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas), A. Ais Prayogi Alimuddin, S.T., M.Eng (Dosen Teknik Informatika Unhas), Rossy Triana Iskandar (Senior Associate Tokopedia Academy), Aisyah Humaerah (Founder & Chairwoman TITIKTEMU.COM).

Mengawali kegiatan, Khairul Umam selaku Regional Officer #1000STARTUPDIGITAL menjelaskan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan program pembinaan bagi mereka yang ingin membuat solusi teknologi berbagai permasalahan di Indonesia melalui startup digital. Hal ini membuka peluang kewirausahaan berbasis teknologi digital ke seluruh lapisan masyarakat.

Lebih lanjut, Umam menambahkan program ini diinisiasi pada tahun 2016 dengan Kominfo sebagai leader dari sektor startup digital. Gerakan ini kemudian terus berlankut dan mulai berkembang pada 2017 dan melibatkan 200 startup di 10 kota. Tahun 2020 ini, program tersebut kemudian mencakup 17 kota dengan 1.260 startup yang terlibat.

“Program ini fokus mengembangkan talenta startup digital yang berkualitas. Tidak hanya itu, juga mendorong terciptanya solusi digital untuk permasalahan lokal sekaligus membangun ekosistem startup digital yang kolaboratif dan inklusif. Jika ada yang ingin bergabung, kita dapat memberikan akses ke mentor-mentor ternama di dunia startup, industri, akademik dan pemerintah dengan pendampingan selama 3-6 bulan,” jelas Umam.

Setelah memberikan gambaran secara umum terkait Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber.

Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, M.P sebagai salah satu narasumber memberikan gambarannya terkait “Trend Startup Sebagai Solusi Menuju Indonesia Digital”. Dirinya mengatakan, perkembangan startup di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup bagus dan menggembirakan.

Terkait:  GUMSB Unhas Kembali Hadir Bahas Karakteristik Orang-orang Bertakwa

Setiap tahunnya muncul founder-founder startup baru di Indonesia yang bermunculan. Potensi penggunaan internet Indonesia semakin naik dari tahun ke tahun menjadi satu dorongan dalam mendirikan sebuah startup. Perkembangan inovasi digital mendorong adanya berbagai perubahan, sehingga perlu disesuaikan dan terobosan yang lebih luas.

Setelah seluruh narasumber menyampaikan pandangan dan gagasan tentang startup digital, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta yang didominasi oleh para mahasiswa yang mempunyai bisnis startup digital.

Kegiatan yang dipandu oleh Dr. Indrabayu, S.T., M.Bus.Sys (Dosen Teknik Informatika Unhas) selaku moderator berlangsung lancar dengan jumlah peserta kurang lebih 200 peserta berlangsung lancar hingga pukul 16.00 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa