Respon Pembatasan Keluar Rumah, FT Unhas Berbagi Sembako untuk Masyarakat

Sebagai bentuk kepedulian sosial ditengah wabah Covid-19, Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin menginisiasi pembagian bahan makanan dan kebutuhan pokok bagi masyarakat kurang mampu yang berdomisili di sekitar Kampus Unhas Gowa.
Pembagian bahan pokok berlangsung pada Selasa (31/03). Bantuan ini bersumber dari sumbangsih dan partisipasi sivitas akademika FT Unhas guna membantu masyarakat kelompok rentan yang paling merasakan dampak dari wabah pandemi Covid-19.
Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad, M.T., menjelaskan bahwa kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan tetap berada di rumah. Namun, kebijakan tersebut tentu akan berdampak pada pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat ekonomi rendah.
“Sebagian masyarakat kita terutama golongan ekonomi lemah kesulitan mengikuti himbauan tersebut sepenuhnya, karena harus mencari nafkah untuk keluarganya. Olehnya itu, kami berinisiatif membantu menutupi kebutuhan pangannya selama 14 hari. Langkah ini diharapkan mampu berkontribusi memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelas Prof Arsyad.
Lebih lanjut, Prof Arsyad menambahkan bahwa sejak Senin (30/03), FT Unhas telah membentuk panitia dan membuka posko donasi. Para donatur menyalurkan bantuan mereka melalui posko ini. Sebagian donasi berasal dari unsur internal civitas akademika FT Unhas, dan juga ada dari masyarakat umum.
“Kami fokuskan pemberian bantuan untuk masyarakat kurang mampu di sekitar kampus FT Unhas Gowa, pegawai kebersihan, tenaga pengamanan kampus, dan mahasiswa yang masih bertahan di sekitar kampus serta masyarakat kecil. Kami berkomitmen akan menjangkau masyarakat lebih luas lagi,” tambah Prof Arsyad.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT Unhas, Ir. Mukti Ali, ST., MT., Ph.D., yang juga merupakan koordinator kegiatan menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan bantuan berbagai pihak.  Masyarakat juga menyambut baik kegiatan ini.
.
“Terus terang, kami agak kesulitan memperoleh bahan pokok dalam jumlah banyak, apalagi di daerah sekitar kampus FT Gowa.  Namun berkat kerja sama yang baik dari Tim FT Unhas Peduli Dampak Covid-19 yang dibentuk oleh pimpinan fakultas, hal ini dapat kita atasi,” kata Mukti
Mukti menambahkan walaupun dari nilai materi sumbangan ini relatif kecil, namun nilai humanisme yang menjadi target kegiatan ini.  Harapannya, masyarakat dapat tetap tinggal di rumah, namun kebutuhan pokok mereka terpenuhi.
Pembagian sembako akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama ini FT Unhas telah membagikan 200 paket sembako.  Setiap paketnya terdiri atas beras 5 kg, 15 bungkus mie instan, minyak goreng ukuran 2 liter, teh celup berisi isi 25 saset, susu, ikan sarden, dan 1 rak telur ayam.
“Untuk tahap selanjutnya akan kita sesuaikan dengan keadaan lapangan.  Kami tetap membuka donasi bagi yang ingin membantu. Bahan pokok ini akan kami bagikan kepada warga dengan beberapa kriteria, misalnya orang tua, prioritas domisili dekat kampus, keluarga tidak mampu yang mempunyai banyak tanggungan, keluarga miskin yang diverifikasi oleh RT setempat,” tutup Murti.(*/mir)
Editor : Ishaq Rahman, AMIPR
Terkait:  Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemhan RI Lakukan Kunjungan kerja di Unhas

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa