Rektor Unhas Tinjau Pelaksanaan Hari Pertama UTBK-SBMPTN

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022.  Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas melakukan kunjungan ke beberapa ruangan pelaksanaan UTBK yang berlokasi di lingkungan Kampus Unhas, Tamalanrea.

Kunjungan Rektor Unhas didampingi Penanggung Jawab UTBK Unhas (Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP) dan beberapa Koordinator, berlangsung mulai pukul 09.00 Wita.

Prof. JJ melihat pelaksanaan ujian dan penerapan protokol pencegahan Covid-19. Selain itu, beliau juga menyempatkan diri berbincang singkat dengan beberapa peserta.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Panitia Pusat UTBK Unhas mengoptimalkan penerapan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat, baik kepada peserta, pengawas, maupun panitia. Protokol seperti menjaga jarak, menggunakan masker hingga mengukur suhu tubuh sebelum masuk ruangan diterapkan.

“Peninjauan ini dimaksudkan untuk melihat langsung implementasi persiapan oleh Unhas. Kita ingin memastikan seluruh rangkaian atau tahapan berlangsung lancar. Unsur kepanitian melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama memastikan proses UTBK-SBMPTN berjalan tanpa kendala, tidak ada kecurangan, dan seluruh pihak yang terlibat mengetahui peran dan tanggung jawabnya,” jelas Prof. JJ.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022 berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini, Selasa (17/05). Pelaksanaan gelombang pertama akan berlangsung hingga tanggal 23 Mei 2022.

Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengelola ujian bagi 24.765 peserta dengan memanfaatkan 985 komputer. Ujian berlangsung di Kampus Tamalanrea (sebanyak 780 komputer pada 5 lokasi) dan Kampus Gowa (sebanyak 205 komputer pada 5 lokasi).  Panitia UTBK Unhas telah menyiapkan 37 ruangan ujian.

Terkait:  Persiapan Dies Natalis ke-66 Unhas, Rektor Resmi Luncurkan Logo Ikon Perahu Pinisi

Pada hari pertama, tercatat 1.970 peserta seharusnya mengikuti ujian. Sebanyak 140 peserta tidak hadir di Pusat UTBK Universitas Hasanuddin.

Dijadwalkan, Prof. JJ didampingi para pimpinan unit kerja lingkup Unhas lainnya akan kembali melakukan proses peninjauan pelaksanaan UTBK-SBMPTN di Kampus Gowa pada esok hari, Rabu (18/05) pukul 09.00 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa