Rektor Unhas Resmikan Fasilitas Pembelajaran pada Fakultas Ilmu Budaya

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., meresmikan beberapa fasilitas pembelajaran pada Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita, berlangsung mulai pukul 10.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Aula Prof. Matuladda, FIB Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (21/04).

Adapun fasilitas renovasi yang diresmikan adalah Laboratorium Sejarah dan Kebudayaan, Laboratorium Naskah, Ruang Baca, dan Ruang Rapat.

Mengawali kegiatan, Dekan FIB Unhas Prof. Dr. Akin Duli, MA., menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan dan dukungan pimpinan Unhas untuk kelancaran pembangun dan perbaikan beberapa fasilitas penunjang pembelajaran dalam lingkup FIB. Beliau juga memberikan gambaran tentang capaian FIB selama masa kepemimpinan Prof. Dwia sebagai Rektor.

Lebih lanjut, Prof. Akin juga menceritakan sejarah dari setiap fasilitas yang diresmikan. Misanya saja untuk Laboratorium Sejarah dan Budaya yang kala itu dipersiapkan untuk salah satu penilaian dalam akreditasi internasional, yang mana pembiayaan bersumber dari dana fakultas dan Unhas. Dirinya mengatakan, berbagai upaya pengembangan terus dilakukan FIB untuk mengoptimalkan fasilitas.

“Kita berharap, kehadiran beberapa fasilitas ini akan semakin mendukung proses pembelajaran maupun riset. Di ruang baca kami, terdapat 6.000 koleksi buku referensi. Ini juga memberikan akses bagi mahasiswa untuk mencari bahan bacaan karena kami sudah terintegrasi dengan jaringan perpustakaan. Terima kasih atas bantuan dan perhatian pimpinan Unhas sehingga FIB bisa hadir dan berkontribusi hingga saat ini,” jelas Prof. Akin.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dwia dalam sambutannya juga memberikan apresiasi atas kerja sama dan produktivitas sivitas akademika FIB untuk Unhas. Dirinya mengatakan, tumbuh kembang sarana prasarana setiap fakultas merupakan hasil dari kinerja masing-masing unit kerja.

Terkait:  Fakultas Vokasi Unhas Gelar Sosialisasi Program Alih Jenjang di Dua Prodi Vokasi Kab. Sidrap

Ketersediaan sarana dan prasarana merupakan kewajiban yang perlu dioptimalkan. Akan tetapi, lebih dari itu juga menunjukkan etos kerja serta kekompakan yang saat ini terlihat di FIB Unhas. Olehnya itu, beliau berharap agar semangat dan kekompakan sivitas akademika FIB tetap terjaga untuk terus berkontribusi dalam berbagai capaian Unhas pada masa mendatang.

“Unhas bangga memiliki FIB. Di sini lahir para cendekia dengan berbagai karya yang dihasilkan. Seperti Prof. Mattulada hingga penulis lagu Mars Unhas juga dari sini. Bukan hanya itu, di era Prof. Akin juga dengan temuan kerangka manusia Besse menjadikan FIB semakin unggul. Ini tentunya perlu dijaga semangat dan kreativitasnya,” jelas Prof. Dwia.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan langsung Rektor Unhas beserta jajaran untuk melihat hasil renovasi beberapa fasilitas yang tersedia di FIB. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 12.30 Wita. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa