Red Campus Talk Unhas #35 : Kenal Dekat Prodi Teknik Perkapalan dan Prodi Teknik Sistem Perkapalan

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi #35 dengan tema “Arungi Samudera dengan kapal buatanmu: Dekat Departemen Teknik Perkapalan dan Departemen Teknik Sistem Perkapalan Unhas. Program ini berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Selasa (20/04)

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Eng. Suandar Baso, ST., MT (Ketua Departemen Teknik Perkapalan) dan Dr. Eng.Ir. Faisal Mahmuddin, ST., M.inf.Tech., M.Eng (Ketua Departemen Teknik Sistem Perkapalan). Kedua prodi ini berada dibawah naungan Fakultas Teknik Unhas.

Dr.Eng Suandar menjelaskan Teknik Perkapalan sebagai naval arsitektur berfokus merancang desain kapal sampai merancang pembangunan kapal. Prodi ini memastikan kondisi kapal sebelum dibangun dan sebelum dilayarkan menjadi transportasi.

Prodi Teknik Perkapalan Unhas didukung oleh sarana prasarana seperti laboratorium Komputer, Konstruksi, Hidrodinamika, Studio Gambar dan Perencanaan dan laboratorium Permesinan Kapal. Dalam prodi ini, ditekankan pemakaian perangkat lunak open source.  Beberapa perangkat lunak proprietary yang digunakan adalah AutoCad, Maxsurf, Delf, Ansys, SAP, Primavera, Microsoft Project.

“Mahasiswa tidak perlu memiliki skill menggambar, rancangan desain kapal tidak lagi di rancang secara manual, semua dilakukan menggunakan laptop,” jelas Dr. Suandar.

Berbeda dengan Teknik Perkapalan, Dr. Faisal menjelaskan Teknik Sistem Perkapalan lebih fokus mempelajari instrumen kapal seperti permesinan, kepipaan, kelistrikan dan navigasi.

Prodi sistem perkapalan tidak hanya terbatas pada sistem kapal, tapi juga mempelajari sistem-sistem pada bangunan lepas pantai seperti bagaimana pompa dan sistem instalasi perpipaan bekerja dalam laut. Sehingga, secara luas mempelajari bidang kemaritiman dan teknologi terbarukan.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi pada jenjang strata satu yang ada di Unhas. Saat ini, Unhas memiliki 67 program studi strata satu, dan 2 program studi vokasi atau sarjana terapan.

Terkait:  LAM-PTKes Visitasi Program Pendidikan Dokter Spesialis Konservasi Gigi FKG Unhas

Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Dewi Halida (Student Volunteer Unhas) dan diikuti secara live oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ.

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa