Red Campus Talk Unhas #28: Kenal Dekat Prodi Matematika dan Prodi Sistem Informasi Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan program bertajuk Red Campus Talk edisi #28 dengan tema “Mahasiswa Jenius Pencipta Kecerdasan Buatan: Prodi Matematika dan Prodi Sistem Informasi Unhas”. Program ini berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Jumat (9/04)

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Nurdin S.Si., M.Si (Kaprodi Matematika) dan Dr. Muhammad Hasbi, M.Sc (Kaprodi Sistem Informasi). Kedua program studi ini berada di bawah pengelolaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Hasbi menjelaskan prodi Sistem Informasi sebelumnya dikenal dengan Ilmu Komputer. Perubahan nama menjadi Sistem Informasi baru diadopsi sejak Desember 2020. Penyesuaian nama ini sesuai arahan dari Dikti, dimana nama Ilmu Komputer dianggap identik dan memiliki pengkodean yang sama dengan Teknik Informatika yang telah ada di Fakultas Teknik.

Hasbi menambahkan Prodi Sistem Informasi hadir guna merespon kebutuhan pembelajaran bidang komputer dengan kajian ilmu berbasis matematika. Prodi ini diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang dapat merancangkan program untuk kemudian dapat diimplementasikan dan tersertifikasi secara nasional dan internasional sebagai bagian persiapan dunia kerja disemua bidang kajian data berbasis teknologi.

Sementara itu, Nurdin menjelaskan Prodi Matematika merupakan prodi dengan model pembelajaran serta dunia kerja yang lebih fleksibel. Mahasiswa dibentuk dengan alur berpikir secara terstruktur sehingga mampu meganalisis masalah dengan cara dan metode yang beragam.

Selama masa pandemi, prodi Matematika terus membenah diri mempersiapkan perkuliahan secara luring mendatang dengan memaksimalkan penggunaan 4 laboratorium yang ada yakni laboratorium komputer, laboratorium analisis, labortorium al-jabar kombinatorika dan laboratorium matematika terapan.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi pada jenjang strata satu yang ada di Unhas. Saat ini, Unhas memiliki 67 program studi strata satu, dan 2 program studi vokasi atau sarjana terapan.

Terkait:  Fakultas Keperawatan Terima Dua Mahasiswa Inbound dari Hanze University of Applied Sciences

Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Anggi Nurwahyudi (Student Volunteer Unhas) dan diikuti secara live oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ.(*/dhs)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa