Red Campus Talk #157: Kenal Dekat Prodi D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan dan Prodi Agribisnis Pangan Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi #157 dengan tema “Farming: The Top Priority of Life Sustainability, Seputar Prodi D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan dan Prodi D-IV Agribisnis Pangan”. Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara langsung melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Rabu (09/03).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Abdul Azis S, S.TP., M.Si (Ketua Prodi D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan) dan Achmad Amiruddin, S.P., M.Si (Dosen Prodi D-IV Agribisnis Pangan). Para narasumber secara bergantian menjelaskan deskripsi prodi, keunggulan dan fasilitas, kerja sama antar instansi hingga prospek alumni.

Mengawali kegiatan, Dr. Abdul Azis menjelaskan kelas vokasi Teknologi Produksi Tanaman Pangan menghadirkan kurikulum yang sesuai dalam penguasaan keterampilan dunia kerja. Para lulusan akan dibekali keterampilan yang didukung dengan bukti sertifikat dan memiliki peluang besar sebagai praktisi pertanian, teknisi pertanian hingga agropreneur.

Lebih lanjut, beliau mengatakan prodi ini terletak di Kabupaten Sidrap. Untuk mendukung sarana prasarana pembelajaran, tersedia ruang kuliah, fasilitas internet, laboratorium dan lahan praktik yang terletak di Desa Mario. Sebagai kelas vokasi yang mempunyai kurikulum 70% praktik dan 30% teori, prodi ini banyak bermitra dengan industri terkait guna memberikan peluang pengembangan mahasiswa.

“Program ini terkelola secara profesional dan merupakan penghubung antara industri dan pendidikan. Dengan kurikulum yang dirancang untuk peningkatan keterampilan mahasiswa, sehingga berpeluang menguasai bidang keahlian tertentu dan cepat terserap dalam dunia kerja,” jelas Dr. Abdul Azis.

Pada kesempatan yang sama, Achmad mengatakan prodi ini terletak di Kabupaten Soppeng dan akan menerima mahasiswa baru angkatan pertama pada tahun ini. Dirinya menjelaskan, prodi Agribisnis di Indonesia hanya ada dua termasuk di Unhas. Kurikulum dirancang dengan penerapan kegiatan praktikum yang lebih besar dibandingkan teori.

Terkait:  Unhas Gelar Kuliah Umum Bahas Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno

Para lulusan dipersiapkan dengan keahlian khusus dan siap kerja serta membuka lapangan pekerjaan. Lulusan program vokasi selain mendapatkan pengetahuan, juga didukung dengan sertifikat keterampilan. Untuk masa studi, sama dengan jenjang sarjana. Terkait tenaga pendidik, tidak hanya melibatkan dosen Unhas, akan tetapi mitra industri guna memberikan pemahaman langsung tentang permasalahan yang mungkin dihadapi.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi yang ada di Unhas. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif. Talkshow dilakukan secara live (siaran langsung) pada Instagram resmi @hasanuddin_univ setiap hari berdasarkan jadwal. Tiap edisi mengenalkan prodi yang berbeda.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Mutmainna (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ. (*/mir)

Editor : Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa