Red Campus Talk #154 :  Kenal Dekat Prodi Teknik Lingkungan, Teknik Pertambangan, dan Teknik Geologi Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi #154 dengan tema “Your Own Diamond is A Healthy Environment : Seputar Prodi Teknik Lingkungan, Teknik Pertambang dan Teknik Geologi”. Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Senin (07/03).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Eng. Muralia Hustim, S.T., M.T (Ketua Departemen Teknik Lingkungan), Dr. Eng. Rini Novrianti S TUI, S.T., M BA., M.T (Sekbid Kemahasiswaan Departemen Teknik Pertambangan) dan Dr. Eng. Asri Jaya H.S., S.T., M.T (Ketua Departemen Teknik Geologi). Para narasumber secara umum memberikan gambaran tentang deskripsi prodi, keunggulan dan fasilitas, kerja sama antar instansi hingga prospek alumni.

Mengawali kegiatan, Dr. Muralia memberikan penjelasan bahwa Teknik Lingkungan berdiri sejak tahun 2009, dengan fokus kajian mempelajari masalah lingkungan dengan pendekatan ilmu keteknikan. Saat ini, telah memperoleh akreditasi internasional IABEE dan akreditasi A secara nasional oleh BAN-PT. Untuk memenuhi kebutuhan akan peningkatan keilmuan, Teknik Lingkungan Unhas juga telah mempunyai program jenjang magister.

“Kami mempunyai tiga laboratorium riset yakni laboratorium riset kualitas udara dan kebisingan, Sanitasi dan persampahan serta laboratorium kualitas air. Jadi, secara umum mempelajari permasalahan lingkungan untuk cakupan air, udara dan persampahan,” jelas Dr. Muralia.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Eng Rini mewakili Departemen Teknik Pertambangan menjelaskan awalnya Teknik Pertambangan merupakan bagian dari Teknik Geologi Unhas. Namun, memisahkan diri dan membentuk satu departemen sendiri pada 2017 lalu. Fokus kajian Teknik Pertambangan terletak pada bagaimana proses ekstraksi sumber daya pertambangan dan mineral yang mengedepankan aspek berbasis lingkungan.

Beliau menambahkan, setiap tahun Teknik Pertambangan Unhas memiliki peminat yang cukup besar. Dimana profil alumni banyak terlibat dalam profesi engineering pertambangan, konsultan hingga peneliti.

Terkait:  Jelang Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022, Kesiapan Unhas Mendekati Maksimal

Dr. Eng. Asri Jaya H.S., S.T., M.T., selaku Ketua Departemen Teknik Geologi Unhas juga memberikan penjelasan seputar departemen yang dipimpinnya. Dirinya mengatakan, Teknik Geologi merupakan prodi ke enam dari 13 departemen pada Fakultas Teknik. Sejak tahun 1977 telah menerima mahasiswa dengan jumlah lulusan  jenjang sarjana sekitar 1500 orang.

Lebih lanjut, Dr. Asri Jaya menambahkan Teknik Geologi telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan mendapatkan pengakuan internasional AUN-QA. Fokus keilmuan mempelajari batuan yang memiliki banyak unsur dan kemudian mengeksplor unsur batuan untuk memberikan kemaslahatan bagi masyarakat baik dari kandungan energi maupun mineral.

“Untuk mendukung peningkatan kualitas keilmuan mahasiswa maupun dosen, kami mempunyai sarana prasarana memadai. Misalnya saja ketersedian beberapa laboratorium yang cukup besar dan bermanfaat dalam pendalaman keilmuan. Sehingga, semakin memperkuat fasilitas penunjang akademik mahasiswa untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing,” jelas Dr. Asri Jaya.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi yang ada di Unhas. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif. Talkshow dilakukan secara live (siaran langsung) pada Instagram resmi @hasanuddin_univ setiap hari berdasarkan jadwal. Tiap edisi mengenalkan tiga prodi
yang berbeda.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Dila (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ.  (*/mir)

Editor :  Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa