Red Campus Talk #150: Kenal Dekat Prodi Teknik Industri, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk. Kegiatan disiarkan langsung melalui akun instagram @hasanuddin_univ yang dimulai sejak pukul 16.00 Wita pada Jumat (25/2).

Pada edisi #149 kali ini, Red Campus Talk #150 “Design and Innovate the Advanced Technology” untuk mengenal prodi Teknik Industri, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro Unhas. Hadir sebagai narasumber, yakni Dr. Ir. Saiful Mangngenre, ST.,MT.,IPM., (Ketua Departemen Teknik Industri), Dr. Eng. Jalaluddin, S.T.,M.T., (Ketua Departemen Teknik Mesin), dan Dr. Ikhlas Kitta, S.T., M.T., (Sekretaris Departemen Teknik Elektro).

Pada kesempatan awal, Dr. Saiful menjelaskan bahwa Teknik Industri merupakan bidang jurusan yang mempelajari bagaimana mendesain dan melakukan pengelolaan terhadap suatu sistem industri dengan berfokus pada perbaikan maupun instalasi untuk mengoptimalkan kegiatan manusia, seperti dalam hal kegiatan produksi.

Para lulusan yang dihasilkan nantinya akan memiliki prospek kerja yang bergerak dalam bidang industri maupun menjadi pegawai swasta pada berbagai perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga ahli Teknik Industri

“Mahasiswa sering belajar langsung ke kawasan pabrik sebagai media praktik dalam kunjungan lapangan. Tujuannya untuk mempelajari bagaimana mengukur tatanan fasilitas pabrik sebagai pendukung proses produksi. Sehingga peran dari teknik industri dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghasilkan hasil produksi yang maksimal,” jelas Dr. Saiful.

Sedangkan penjelasan pada Teknik Elektro diutarakan oleh Dr. Ikhlas. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa dituntut untuk mampu mengembangkan bidang keilmuan dan keterampilan yang dimiliki secara mandiri, kreatif dan inovatif dalam beradaptasi dengan kemajuan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dengan begitu, diharapkan dapat menghasilkan karya ilmiah bidang elektro, baik yang berbasis pada energi maupun telekomunikasi.

“Tidak diragukan lagi lulusan dari teknik elektro akan mendapatkan peluang karir yang terbuka lebar. Sehingga kita membutuhkan mahasiswa yang kreatif dan pantang menyerah untuk mampu menguasai pengembangan teknologi dan alat-alat elektronik serta mesin yang juga terus berkembang dalam produk dan jasa elektronik,” jelas Dr. Ikhlas.

Terkait:  Unhas Bersama Universitas Khairun dan Pemkab Halmahera Selatan Sepakat Kerja Sama Bidang Kesehatan

Selanjutnya, Dr. Eng. Jalaluddin menjelaskan bahwa mahasiswa teknik mesin akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pengerjaan dan konstruksi mesin. Seperti inovasi membuat sebuah mesin yang dapat difungsikan ataupun menghasilkan temuan-temuan baru yang diwujudkan salam sebuah hasil karya inovasi seperti robot hingga pesawat terbang yang saat ini sedang dikembangkan oleh Departemen Teknik Mesin Unhas.

“Semuanya dikerjakan oleh mahasiswa dengan menggunakan dan memanfaatkan 14 laboratorium pengajaran dan riset, dilengkapi alat-alat tercanggih untuk mendukung segala aktivitas ilmiah mahasiswa dan penelitian dosen. Sehingga semuanya mampu mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai ajang kompetisi pada skala nasional hingga internasional,” jelas Dr. Eng. Jalaluddin.

Edisi Red Campus Talk berlangsung secara interaktif oleh para narasumber dengan menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan oleh penonton di kolom komentar, dengan dipandu oleh Alyah (Student Volunteer Unhas) selaku host.

Kegiatan berlangsung lancar hingga pukul 17.00 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 followers instagram @hasanuddin_univ. (*/dhs)

Editor: Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa