Red Campus Talk #149 :  Kenal Dekat Prodi Sastra Inggris, Sastra Barat Roman dan Ilmu Hubungan Internasional Unhas

Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi #149 dengan tema “Bring the World to Your Home : Seputar Prodi Sastra Inggris, Sastra Barat Roman dan Ilmu Hubungan Internasional”. Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Kamis (24/02).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Nasmilah, M.Hum (Ketua Departemen Sastra Inggris), Masdiana, S.S., M.Hum (Sekretaris Departemen Sastra Barat Roman) dan Nurjannah Abdullah, S.IP., MA (Dosen Departemen Ilmu Hubungan Internasional). Ketiga narasumber secara umum memberikan gambaran tentang deskripsi prodi, keunggulan dan fasilitas, kerja sama antar instansi hingga prospek alumni.

Mengawali kegiatan, Masdiana memberikan penjelasan bahwa Sastra Barat Roman mempunyai fokus kajian kesusastraan perancis dan membuka jalan untuk wawasan internasional. Mengenai kemitraan, Sastra Barat Roman mempunyai tenaga pengajar yang sifatnya multiculture dengan kualitas unggul. Selain itu, suasana belajar yang nyama serta berbagai fasilitas yang tersedia bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen.

“Prospek karir sangat luas, tidak hanya berfokus pada satu bidang. Sehingga, masa tunggu lulusan tidak lama. Bahasa Perancis cakupannya sangat luas, sistem pembelajaran juga berbeda. Mahasiswa dilatih bertindak teliti dan teratur. Dengan bergabung di Departemen ini, tentunya secara keilmuan akan menambah wawasan yang sifatnya global,” jelas Masdiana.

Pada kesempatan yang sama, Nurjannah selaku dosen Departemen HI Unhas menjelaskan bahwa awalnya HI bergabung bersama jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan. Kemudian berkembang dan berdiri sendiri sebagai satu prodi pada tahun 2007. Saat ini, Departemen HI telah terakreditasi A dan memperoleh pengakuan berstandar internasional dari AUN-QA.

“Dosen HI sangat open minded, dosen dan mahasiswa mempunyai kolaborasi luar biasa. Untuk Februari ini, HI baru saja menjalin kerja sama untuk double degree dengan University of Queensland. Sehingga, semakin membuka peluang mahasiswa untuk berkembang dan membangun kemitraan internasional,” kata Nurjannah.

Terkait:  Unhas dan KPI Pusat Gelar Diseminasi Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Tahun 2022

Nasmila sebagai Ketua Departemen Sastra Inggris mengatakan Sastra inggris merupakan salah satu departemen di Fakultas Ilmu Budaya yang menyediakan banyak mata kuliah untuk pengembangan potensi mahasiswa. Terkait prospek kerja, para lulusan memiliki waktu tunggu yang relatif singkat dengan bidang pekerjaan luas. Untuk pengembangan keilmuan, tersedia sarana dan prasarana pembelajaran yang dapat dimanfaatkan mahasiswa maupun dosen.

Lebih lanjut, beliau mengatakan Sastra Inggris termasuk salah satu departemen favorit di Unhas, peringkat ke lima dengan jumlah peminat terbanyak. Sebagai bahasa internasional, hal ini tentunya menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa. Departemen ini juga secara aktif menjalin kemitraan dengan berbagai mitra nasional maupun internasional.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi yang ada di Unhas. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif. Talkshow dilakukan secara live (siaran langsung) pada Instagram resmi @hasanuddin_univ setiap hari berdasarkan jadwal. Tiap edisi mengenalkan tiga prodi
yang berbeda.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Anggi (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.30 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ.  (*/mir)

Editor :  Ishaq Rahman, AMIPR

Leave a Reply

Kabar Fakultas

Kerja Sama

Berita Mahasiswa